fbpx
0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Perbaiki Masjid Hancur Terkena Gempa SulBar

  • Home / Donasi Masjid / Perbaiki Masjid Hancur…
Perbaiki Masjid Hancur Terkena Gempa SulBar

Perbaiki Masjid Hancur Terkena Gempa SulBar

“GEMPAA!!! GEMPA!!!”

Teriakan ketakutan itu terdengar nyaring di Desa Botteng, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat, pada dini hari, 15 Januari 2021. Warga yang terlelap dalam tidurnya, sontak bangun dan mencari tempat perlindungan agar bisa menyelamatkan diri. Gempa berkekuatan 6,2 SR itu tak kunjung usai, getaran bumi semakin kuat, teriak dan tangis ketakutan semakin terdengar.

Setelah gempa usai, sambil menangis pilu, perlahan warga memberanikan diri berjalan di antara puing-puing bangunan yang roboh, melihat keadaan sekitar, dan mencari sanak saudara yang terpisah.

Saat itulah mereka sadar, Masjid Darut Taubah, tempat mereka beribadah, tinggal tersisa tiang. 500 jamaah kehilangan tempat ibadah yang sudah berdiri 20 tahun ini.

Warga menangis, tak kuasa melihat tempat ibadah yang baru saja mereka renovasi dari hasil kerja keras, ternyata hancur dalam satu malam oleh goncangan gempa.

“Masjid ini biasanya digunakan oleh sekitar 500 jamaah untuk beribadah. Selain itu, biasanya kami, warga sekitar, sering mengadakan kegiatan pengajian serta pengembangan remaja. Tapi, sekarang masjid tinggal menyisakan tiang saja,” ucap Pak Sudarman, Ketua Pengurus Masjid Darut Taubah Mamuju.

Masjid 12×11 meter ini memiliki fungsi yang sangat vital. Tak hanya jadi tempat beribadah, Masjid ini juga pemersatu warga desa. Kegiatan pengajian, belajar agama, kemasyarakatan, berkumpul, dan penyaluran bantuan bila ada bencana, semua dilakukan di Masjid ini.

Sekarang, setelah 3 minggu sejak terjadinya gempa, Masjid Darut Taubah sama sekali belum pulih. Warga tak mampu lagi membiayai renovasi sebesar ratusan juta, kondisi ekonomi jadi sangat sulit sejak bencana. Apalagi, mayoritas warga bekerja sebagai petani dengan penghasilan tak menentu yang hanya didapat ketika panen.

Saat ini, warga hanya bisa beribadah dari rumah atau pos pengungsian. Masjid lain yang terdekat berjarak 3km, itupun tak mampu tampung warga sebanyak 500 orang. Selain itu, Masjid-Masjid lainnya itu juga banyak yang rusak.

Mimpi mereka hanya satu, memperbaiki Masjid Darut Taubah agar semua dapat kembali beribadah dengan nyaman dan khusyuk di tempat ini.

Orang Baik, ini waktunya kita membantu warga Desa Botteng memperbaiki tempat ibadah mereka.

“Siapa yang membangun Masjid karena Allah, walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di Surga,” (HR. Ibnu Majah no. 738)

Wujudkan mimpi mereka dengan cara:

  1. Klik tombol “Donasi Sekarang”
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/BRI/BRI Syariah)

Orang Baik juga dapat membagikan halaman galang dana ini agar lebih banyak Orang Baik lain yang membantu merenovasi Masjid Darut Taubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *