fbpx

Mengenal Sunnah Bekam Berdasarkan Ajaran Rasulullah dan Manfaatnya

Saat ini sunnah bekam berdasarkan ajaran Rasulullah memang masih belum banyak yang memahami. Terutama karena karena metode kesehatan ini juga dilakukan pada kebudayaan lain di dunia. Sebenarnya metode bekam sudah sangat terkenal sehingga banyak orang terkenal melakukannya karena terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan menghilangkan penyakit.

Bercerita kepada kami Muhammad bin Mutsanna, bercerita kepada kami Abu Ahmad Az-Zubairi, Bercerita kepada kami Amru bin Sa’id bin Abi Husaini, Bercerita kepada kami Atha’ bin Abi Rabah, dari Abi Hurairah RA. Dari Nabi SAW. Bersabda : “Tidaklah Allah menurunkan satu penyakit melainkan Allah juga menurunkan obat(nya).” (HR. Bukhari).

Bekam memang terbukti bakalan dianjurkan buat Anda yang sedang menderita suatu penyakit. Metode penyembuhan penyakit ini nantinya bersifat seperti detoksifikasi racun. Di mana darah kotor akan dikeluarkan dengan cara disedot. Alat ini tentunya sudah sangat steril sehingga mampu secara maksimal menyembuhkan suatu penyakit pada tubuh.

Sunnah Bekam Berdasarkan Ajaran Rasulullah

sunnah bekam berdasarkan hadits

Sesungguhnya cara pengubatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)” (HR. Bukhari & Muslim)

Menurut Hadits Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda kalau salah satu pengobatan terbaik untuk suatu penyakit adalah bekam. Hal ini memang sudah dilakukan sendiri oleh Rasulullah SAW, di mana beliau menurut riwayat Anas bin Malik sudah pernah melakukan metode bekam untuk kesehatan.


Berkata kepada saya Muhammad bin Abdurrahman, memberi kabar kepada kami Syari’ bin Yunus Abul Hadits, berkata kepada kami Marwan bin Sujaj, berkata kepada kami Salim Al-Aftas dari Said bin Jabir, dari Ibnu Abbas RA. dari Nabi SAW. bersabda : “Obat itu terdapat pada tiga hal, pada Sayatan pembekam, atau meminum madu, atau alat penyetrikaan (sundutan api), dan aku melarang umatku dari penyetrikaan.”(HR. Bukhari)

Tentu saja sunnah bekam ini menandakan bahwa sang Nabi sudah membuktikan sendiri bagaimana manfaatnya. Tapi yang perlu diketahui kalau bekam itu bukanlah suatu metode kesehatan yang dapat dilakukan setiap hari. Akan terdapat jangka waktu tepat agar pengobatan berjalan maksimal.

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

sunnah bekam

Darah memang tidak akan terlepas dari yang namanya pengobatan bekam, tapi selain darah ternyata lemak pada jaringan akan tersedot juga sehingga bobot badan semakin ringan. Pori-pori nantinya akan menyusut karena jaringan lemak disana akan dibuang. Tentunya akan lebih maksimal jika Anda menambahkan kegiatan olah fisik.

Tubuh akan semakin sehat juga karena selain lemak, pada darah yang dikeluarkan lewat bekam juga terdapat racun. Ini tentunya bukan racun seperti pada film di mana akan mematikan bila dikonsumsi. Melainkan ini berupa zat yang dihasilkan oleh tubuh karena berbagai aktivitas harian yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Hasilnya tubuh bakal semakin sehat, terutama dibagian lain seperti pernafasan juga semakin lancar. Apalagi Anda yang memiliki sakit seperti asma, maka dapat disembuhkan dengan metode pengobatan ini. Nantinya akan dibekam beberapa titik penting yang berhubungan dengan sistem pernafasan.

Selain bagus buat pernafasan, ternyata bekam juga bermanfaat untuk aliran darah pada tubuh agar lebih lancar. Terutama karena lemak, racun dan zat negatif lainnya memang dihilangkan.

Kita sudah tahu kalau metode ini memang diperbolehkan sehingga Anda tidak perlu untuk khawatir lagi kalau-kalau metode ini tidak diperbolehkan dalam Islam. Tentunya diperbolehkan karena caranya yang baik dan manfaat berlimpah. Wallahu’alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *