fbpx

Membaca Surat Alkahfi sebagai Sunnah Malam Jumat yang Diajarkan Rasulullah

Jum’at memang hari istimewa, dan dipandang sebagai sayyidul-ayyam atau kepala hari. Karena itu ada anjuran untuk sunnah malam Jumat dan memperbanyak amalan kita. Misalnya memperbanyak jumlah shalat kepada Nabi Muhammad SAW, bersedekah, dan lain-lain.

Imam Syafi’i, Imam mazhab Syafi’i, berkenaan dengan anjuran untuk membaca lebih banyak doa kepada Nabi. Ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW. Demikian juga disarankan untuk suka membaca Surah Al-Kahfi pada Kamis malam atau Jumat malam, juga pada sore hari.

Dari Imam Syafi’i berkata: Setelah memberitahu kepada diriku Ibrahim bin Muhammad, dia berkata bahwa dia telah menyampaikan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi berkata: Bacakan lebih banyak doa untukku pada hari Jumat. Dia juga berkata: Dan telah sampai kepadaku sebuah riwayat yang mengatakan bahwa siapa pun yang membaca Surat Al-Kahf, dia dilindungi dari fitnah Dajjal

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa saya suka membaca banyak doa kepada Nabi SAW dalam setiap situasi, sedangkan pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan membaca lebih banyak doa), demikian juga saya suka membaca Surah Al-Kahfi pada malam dan Jumat sore karena narasi dalam hal ini. 

Berangkat dari penjelasan tersebut, memang benar hukum sunnah malam Jumat membaca Surat Al-Kahfi. Sebab, ada riwayat yang menyebutkan bahwa siapapun yang membaca surat Al-Kahf akan terhindar dari fitnah Dajjal. 

Apa Hubungannya dengan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat?

Jadi, pelajaran apa yang bisa kita ambil, atau ada hubungannya dengan membaca Surah Al-Kahfi di hari Jumat, Membaca surat Al-Kahfi bisa melindungi kita dari fitnah Dajjal, seperti riwayat Imam Syafi’i di atas. Selain itu, hari Jum’at merupakan hari yang luar biasa karena ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada hari Jum’at, seperti terciptanya Nabi Adam AS.

Begitu juga kejadian keluar masuk surga terjadi pada hari Jumat. Dan yang paling mendebarkan adalah hari kiamat akan jatuh pada hari jumat seperti riwayat yang terdapat di kitab sahih muslim. Hari terbaik matahari bersinar adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Nabi Adam (as) diciptakan, masuk surga, dan diusir darinya. 

Dan dari sini saja kita bisa memahami hubungan antara sunnah malam Jumat membaca Surah Al-Kahfi dan hari Jum’at, atau semua hikmah yang dipetik. Singkatnya, akhir dunia jatuh pada hari Jumat, seperti yang dikatakan oleh narasinya. Oleh karena itu, hari Jumat diidentikkan dengan Hari Penghakiman. 

Ini karena hari Jumat sendiri mengandung banyak arti berkumpulnya makhluk seperti Hari Kiamat dimana semua makhluk berkumpul. Sedangkan di dalam surat al-Kahfi terdapat uraian tentang ketakutan akan Hari Kiamat (ahwal al-qiyamah). Misalnya di paragraf berikut;

Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu. Sesungguhnya mereka datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan mereka untuk pertama kalinya; bahkan mereka mengatakan bahwa Kami tidak akan menetapkan bagi mereka waktu (untuk memenuhi) perjanjian. (Surat Al-Kahf: 48).

Hikmah dalam membaca Surah Al-Kahf adalah bahwa hari kiamat jatuh pada hari jumat seperti riwayat terdalam dalam kitab sahih muslim. Dan hari Jum’at diibaratkan hari kiamat karena di dalamnya terdapat pergaulan makhluk-makhluk, sedangkan dalam Surah Al-Kahfi dijelaskan tentang berbagai kondisi. kiamat yang sangat menakutkan. 

Semoga bisa dipahami dengan baik. Tingkatkan dzikir, doa dan kebajikan Anda, terutama pada hari Jumat. Demikianlah informasi tentang apa saja sunnah malam jumat yang diajarkan Rasulullah semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *