fbpx
0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

  • Home / Blog / Keutamaan Sedekah di…
Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh keberkahan dan selalu dinanti-nanti oleh para umat muslim di seluruh dunia. Bulan suci Ramadhan memiliki banyak keistimewaan yang salah satunya malam lailatul qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah SWT juga menjanjikan pahala yang berlipat-lipat kepada seluruh umat muslim yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan.

Ibadah yang dijalankan pada bulan suci Ramadhan selain ibadah berpuasa, salat tarawih, mengkhatamkan Al-Qu’ran sebanyak-banyaknya, amalan-amalan sunnah lainnya, dan tidak lupa juga ibadah sedekah di bulan Ramadhan yang penuh keistimewaan itu.

Sedekah di Bulan Ramadhan

Semakin banyak seorang muslim sedekah di bulan Ramadhan, maka akan Allah ganti pahala yang berkali-kali lipat dan rezeki yang lebih. Sedekah pada bulan suci Ramadhan dapat kita lakukan dengan cara membagikan sejumlah takjil kepada sesama umat muslim yang berpuasa.

Perlu diingat bahwa sedekah adalah sumber kekayaan. Allah SWT telah menjanjikan kepada seluruh umat muslim bahwa sedekah tidak akan membuat miskin ataupun berkurangnya harta, malahan sedekah akan membuat seorang umat muslim itu menjadi kaya.

Karena itu wajibnya orang muslim tidaklah pelit kepada sesama, dan banyak-banyak melakukan sedekah di bulan suci Ramadhan maupun di lain waktu.

Sedekah di bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan memberikan takjil kepada orang-orang yang membutuhkan, menyumbang kepada kotak amal masjid, memberikan sebagian harta kepada kaum miskin dan dhuafa, serta membagikan kebahagiaan kepada orang lain.

Zakat Fitri sebagai Sedekah di Bulan Ramadhan

Zakat fitri sebuah kewajiban untuk seorang muslim yang mempunyai harta dan lebih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, maka orang muslim itu diwajibkan untuk melakukan zakat fitrah. Zakat fitrah dapat dilakukan melalui panitia zakat, maupun via online yang sudah disediakan oleh beberapa badan pengelola zakat nasional dan bacaan akadnya juga sudah disediakan saat pembayaran zakat.

Zakat fitrah ditujukan untuk umat muslim yang membutuhkan baik fakir maupun miskin. Zakat fitrah tidak hanya sebagai sedekah saja, akan tetapi juga kegiatan kemanusiaan yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilakukan oleh umat muslim yang mampu.

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

1. Sedekah juga mampu menghapuskan dosa

Rasulullah SAW bersabda:

” Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (H.R. At-Tirmidzi)

Semakin banyak kita bersedekah, insyaAllah semakin banyak pula dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

2. Sedekah membuat kaya atau mendapatkan keberkahan harta

Banyak orang yang ingin bersedekah namun hatinya bimbang karena takut kehilangan hartanya. Padahal, Allah SWT berfirman:

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’ : 39).

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid : 18)

Jika manusia bersedekah, maka Allah SWT akan menggantinya. Allah tentunya akan memberikan apa yang terbaik kepada hamba-Nya, kita sebagai manusia hanya perlu mengimaninya.

3. Terdapat pintu surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang gemar sedekah

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

4. Sedekah dapat memberikan ketenangan hati

Allah SWT berfirman dalam kitab suci Al-Qur’an:

Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (dengan penyesalan), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih.”
( QS. Al-Munafiqun : 10)

Orang-orang yang tidak bersedekah akan merasakan penyesalan karena tidak bersedekah di kehidupannya. Sementara orang-orang yang bersedekah tidak merasakan penyesalan karena sudah berbuat kebaikan.

Nah begitulah keutamaan dari sedekah di bulan Ramadhan. Semoga umat muslim yang membaca artikel ini dapat semakin tergerak dalam hal bersedekah walaupun sekecil apapun itu harta yang disedekahkan. Karena Allah akan membalas suatu pahala yang berlipat ganda kepada orang-orang yang gemar bersedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *