0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

  • Home / Blog / Keutamaan Puasa Senin…
Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

Puasa menjadi salah satu rukun Islam yang tentunya harus dilakukan. Pada dasarnya, puasa ini terdiri dari 2 jenis; wajib dan sunnah. Jika puasa wajib, tentu semua orang sudah tahu yakni puasa di bulan Ramadhan. Di mana untuk menjalankan puasa ini khusus di bulan Ramadhan saja. Sementara untuk puasa sunnah, adalah segala jenis puasa selain di bulan Ramadhan.

Banyak sekali puasa yang termasuk pada jenis puasa sunnah ini. Dari mulai puasa Daud, puasa Syawal, atau puasa Senin-Kamis. Kebanyakan masyarakat lebih sering melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis karena kemudahan dan beberapa keistimewaannya. Meskipun begitu, pahala puasa ini pun sangat istimewa sekali. Bahkan berhubungan langsung dengan Allah. Hal ini sesuai dengan hadits yang berbunyi:

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim)

Mengenal Puasa Senin dan Kamis

Dari hadits tersebut dapat kita ketahui bahwasannya amalan puasa ini adalah amalan yang istimewa karena pahalanya langsung diganjar oleh Allah. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwasannya banyak sekali yang termasuk amalan puasa sunnah. Salah satu puasa sunnah yang banyak dilakukan oleh umat Islam adalah puasa Senin dan Kamis.

Sesuai namanya, puasa ini merupakan amalah puasa sunnah yang waktu pelaksanaannya dilakukan pada hari Senin dan hari Kamis. Namun, untuk pelaksanaannya tidak jauh berbeda seperti pada puasa pada umumnya. Di mana dilakukan dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Yang membedakan adalah niat, keistimewaan dan tentunya hikmah yang diberikannya.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Baik puasa Senin dan Kamis maupun puasa sunnah lainnya, punya keutamaan tersendiri. Khusus untuk puasa Senin dan Kamis, ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaannya. Beberapa hadits tersebut adalah sebagai berikut:

Dari Abu Qotadah r.a, Rosulululloh SAW ditanya mengenai puasa Senin. Kemudian Rosul pun menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Kemudian hadits lain menyebutkan: “Dari Abi Hurairoh r.a, Rosulululloh SAW bersabda: “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Dari dua hadits tersebut, tentunya menjelaskan bagaimana keutamaan dari puasa Senin dan Kamis ini. Di mana kedua hari tersebut mempunyai keistimewaan tertentu sehingga Rosul berpuasa agar mendapatkan keberkahan dari Allah. Adapun beberapa keistimewaan dan pahala yang diberikan oleh Allah kepada umat Islam yang menjalankan puasa Senin dan Kamis. Beberapanya sebagai berikut ini:

  1. Dibukanya Pintu Surga

Coba kita perhatikan salah satu hadits berikut yang berbunyi: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Dalam hadits tersebut memberikan penjelasan tentang beberapa hal, pertama Allah membuka pintu surga pada hari Senin dan Kamis. Karena hal itulah, Allah akan mengampuni semua hamba yang tidak menyekutukan Allah. Namun, Allah tidak akan mengampuni dosa orang yang sedang bermusuhuan dengan saudaranya sampai mereka berdamai. Karena sudah dijelaskan bahwasannya hari Senin dan Kamis adalah hari dibukanya pintu Surga, maka sudah sepantasanya hamba Allah melakukan amalan baik agar tidak terhindar dari hal yang bisa menyekutukan Allah.

Dikumpulkannya Amalan Manusia

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwasannya amalan manusia akan diperiksa di hadapan Allah pada hari Senin dan Kamis. Maksudnya, malaikat yang mencatatkan segala amal perbuatan manusia akan menyetorkan hasil catatannya pada Allah pada dua hari tersebut. Ketika pada saat pemeriksaan itu, hamba Allah melakukan amalan baik, maka Allah akan mengampunkan semua dosanya. Kecuali orang-orang yang bermusuhan.

Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Hari Senin dan Kamis Menjadi Hari Penting Rosul

Tak hanya beberapa keutamaan yang sudah disebutkan tentang hari Senin dan Kamis, ada juga keutamaan lainnya tentang kedua hari ini yang sangat berkaitan erat dengan Rosulullah. Ada hadits yang meriwayatkan, “Dari Abu Qotadah r.a, yang maan sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya mengenai puasa Senin. Maka Rosul menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Sementara untuk hari kamis, Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu pernah mengatakan bahwasannya,  “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Dari kedua hadits tersebut bisa kita dapat kesimpulan bahwa kedua hari tersebut merupakan hari yang penting bagi Rosul. Di mana hari Senin adalah hari di mana Rosul dilahirkan, hari Rosul diutus menjadi nabi, dan hari pertama ketika wahyu mulai diturunkan. Tak heran, ada keutamaan tersendiri untuk melaksanakan puasa hari Senin. Begitu pun dengan hari Kamis, yang mana adalah waktu Rosul sering keluar untuk melakukan perjalanan.

Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Tak hanya beberapa keutamaan dari hari Senin dan Kamis yang membuat puasa sunnah Senin Kamis cukup istimewa, namun ada juga manfaat lain ketika umat Islam menjalankan puasa Senin dan Kamis secara rutin. Apa sajakah manfaat tersebut?

Menjadi Perisai Diri

Manfaat puasa sunnah yang pertama, tentunya bisa menjadi perisai bagi seseorang yang menjalankannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa puasa bisa membuat orang yang melakukannya lebih sabar dan tahan terhadap hawa nafsu. Dengan berpuasa, bisa melatih kekuatan jiwa seseorang baik secara rohani maupun secara jasmaninya. Terlebih sebagai perisai diri agar terhindar dari hal-hal yang bisa mengantarkan diri dari perbuatan buruk.

Terhindar dari Godaan Setan dan Hawa Nafsu

Seperti yang kita ketahui, setan menjadi musuh utama manusai. Karena syaitan inilah yang seringkali menggoda para manusia agar menyekutukan Allah dan berpaling dari segala ajaran yang benar. Setan ini jugalah yang seringkali memicu hawa nafsu seseorang. Bahkan, dia juga yang membisikan manusia untuk menuruti segala hawa nafsunya sehingga terjerumus ke dalam jurang kesalahan dan kemaksiatan.

Salah satu manfaat dilakukannya puasa Senin dan Kamis adalah untuk menghindarkan kita dari godaan setan dan hawa nafsu. Pada dasarnya, ketika berpuasa kita akan menahan segala hal yang bisa membatalkan puasa kita tersebut. Kita pun akan lebih sabar dan  lebih mampu mengontrol diri agar tidak terjerumus pada kemaksiatan.

Melatih Kedisiplinan

Semua umat Islam pastinya tahu bahwa segala gerak gerik kita diawasi langsung oleh Allah. Bahkan, Allah pun tahu apa yang kita sembunyikan apalagi yang kita tampakan. Tak hanya itu, apa yang ada di dalam hati kita saja, Allah sudah lebih dulu mengetahuinya. Itulah kenapa kita harus bisa belajar disiplin untuk selalu mawas diri dan berbuat suatu hal untuk terhindar dari segala keburukan yang bisa membawa diri kita pada hal yang tidak baik.

Dengan berpuasa pada hari Senin dan Kamis maupun puasa lainnya, bisa membantu diri kita lebih disiplin. Disiplin dalam beribadah, shalat tepat waktu, dan disiplin untuk senantiasa melaksanakan segala amal perbuatan yang baik dan diberkahi oleh Allah SWT.

Menambah Amalan

Pada dasarnya, seseorang yang sedang berpuasa akan terdorong untuk selalu meningkatkan kualitas ibadahnya terhadap Allah. Hal itu pun berlaku ketika seseorang sedang melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis. Di mana dengan melaksanakan puasa ini, bisa menambah setiap amalan kebaikan Anda di hari tersebut.

Tentunya Anda bisa lebih banyak beristigfar, memperbanyak membaca Alquran yang punya pahala melimpah, melaksanakan shalat-shalat sunnah yang penuh dengan keutamaan dan keistimewaan, bersedekah, hingga dzikir dan amalan lain sebagainya yang bisa menambah pahala amal perbuatan dan tentunya bisa membantu untuk menghapus dosa-dosa kita sebelumnya.

Bentuk Rasa Syukur

Manusia seringkali kurang bersyukur terhadap semua nikmat Allah yang sudah diberikan kepadanya. Bahkan, tidak jarang juga beberapa umat malah kufur terhadap nikmat Allah dan selalu merasa tidak cukup terhadap apapun yang dimilikinya. Padahal, kita sendiri tahu bahwa sudah banyak sekali kenikamatan yang diberikan oleh Allah kepada umat-Nya.

Dengan melakukan puasa Senin dan Kamis, itu bisa menjadi salah satu ungkapan rasa terima kasih atau bentuk syukur kita kepada Allah. Di mana kita pun sembari menyadari bahwa di luaran sana masih banyak oranglain yang kelaparan di setiap harinya dan sementinya harus kita bantu.  Bahkan dengan puasa pun, kita akan lebih menghargai setiap apapun yang Allah berikan terhadap kita.

Baik untuk Kesehatan

Manfaat lainnya adalah berhubungan dengan masalah kesehatan. Banyak orang yang beranggapan bahwasannya berpuasa bisa membuat seseorang jadi sakit. Padahal, itu tidaklah benar. Justru, berpuasa termasuk puasa sunnah Senin Kamis bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan. Terlebih bagi masalah sistem pencernaan. Di mana pada hari tersebut, sistem pencernaan kita istirahatkan sehingga nantinya bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Tak hanya itu, berpuasa pun bisa mengatasi masalah dalah tinggi yang sangat berpotensi menjadi penyebab sakit jantung. Pasalnya, ketika berpuasa, emosi kita lebih terjaga. Sehingga tekanan darah yang semula tinggi, lama kelamaan akan menjadi stabil kembali. Pada dasarnya, banyak sekali keutamaan dan manfaat dari puasa Senin Kamis ini. Apalagi puasa Senin Kamis pun merupakan puasa teringan  yang tentunya lebih mudah dilakukan oleh siapa saja. terlebih dengan segala keistimewaan dan manfaat yang bisa didapatkan di dunia dan di akhirat, apakah Anda masih tetap melewatkan keistimewaan puasa sunnah Senin Kamis ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *