0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Keutamaan Membaca Al Qur’an Beserta Dalilnya

  • Home / Blog / Keutamaan Membaca Al…
Keutamaan Membaca Al Qur’an Beserta Dalilnya

Keutamaan Membaca Al Qur’an Beserta Dalilnya

Bagi orang Islam, membaca Al Qura’an tentunya menjadi kegiatan yang tidak akan asing bahkan sering dilakukan. Bagaimana tidak, sesuai dengan arti dari kutipan ayat yang sebelumnya sudah ditulis mengatakan bahwa baik ketika membaca Al Qur’an, maupun mendengarkannya saja, sudah banyak rahmat yang akan didapatkan. Tidak heran, banyak seskali keutamaan dari membaca Al Qur’an.

Seperti yang kita ketahui, Al Qur’an merupakan pedoman bahkan kitab suci umat Islam. Sangat rugi sekali jika umat Islam tidak mau membacanya. Apalagi dengan banyaknya keutamaan yang bisa didapatkan dengan membaca Al Qur’an ini. Lantas, apa saja keutamaan tersebut?

Pemberi Petunjuk

Penciptaan manusia oleh Allah SWT, tentunya bukan tanpa alasan dan bukan juga sesuatu hal yang sia-sia. Manusia sengaja diciptakan oleh-Nya untuk senantiasa beribadah kepada Allah agar kelak di kehidupan abadi mendapat balasan yang sesuai. Meskipun begitu, terkadang umat manusia melenceng dari ketetapan yang sudah dibuat-Nya. Itulah kenapa, manusia membutuhkan petunjuk atau pedoman yang bisa membawa mereka pada kebenaran.

Salah satu keutamaan dari membaca Al Qur’an, tentunya agar kita bisa mendapatkan petunjuk agar bisa menjalani hidup di jalan yang benar. Sesuai dengan firman Allah di dalam Al Qur’an yang artinya seperti berikut:

Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra : 9)

Tak hanya firman itu saja, Rosulullah pun sudah memberikan wasiat kepada para umatnya agar selalu membaca Al Qur’an karena di situlah setiap jalan dan petunjuk akan dibuka. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, ”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

Setiap Huruf Al Qur’an Bernilai 1 Hasanah

Seperti yang diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas‘ud: “Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Coba perhatikan hadits tersebut. Begitu istimewa sekali setiap huruf-huruf yang ada di dalam Al Qur’an. Bagaimana tidak, setiap huruf yang dibaca oleh seseorang, maka orang tersebut sudah pasti mendapatkan 1 kebaikan. Jika satu hari Anda membaca 1 surat, dikalikan dengan berapa banyak huruf yang dibaca, maka sudah berapa banyak kebaikan yang didapatkan?

Balasan Kebaikan Berlipat

Bukan hanya merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah, membaca Al Qur’an bisa mendatangkan balasan pahala dengan kebaikan yang berlipat-lipat. Bahkan, ketika seseorag tidak meminta kepada Allah, namun dirinya rajin membaca Al Qur’an, Allah akan senantiasa memberinya apapun yang dibutuhkannya. Terlebih Allah adalah yang paling tahu terhadap apapun yang dibutuhkan oleh setiap hamba-Nya.

Hal itu sesuai dengan hadits, di mana Allah berfirman ‘Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR. Al-Baihaqi).

Diampuni Dosa-Dosa

Siapa yang tidak ingin diampuni dosa-dosanya? Setiap manusia, pastinya tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Apalagi kehadiran setan, iblis dan jin yang setiap harinya bekerja untuk menggoda manusia agar melakukan hal-hal yang tidak baik. Jika seseorang terjerumus ke dalam ajakan setan, maka bukan tidak mungkin dirinya akan melakukan dosa. Apalagi jika dibiarkan, dosa tersebut terus dilakukan sehingga lama-lama menjadi banyak dan semakin menumpuk.

Meskipun begitu, sebanyak apapun dosa yang kita miliki, Allah selalu memberi jalan agar kita bisa menebus dosa-dosa. Salah satunya adalah dengan rajin membaca AL Qur’an secara sungguh-sungguh dan iklas. Pasalnya, ketika seseorang membaca Al Qur’an bahkan hingga hatam keseluruhannya, maka malaikat baik akan senantiasa berdoa dan memohonkan ampun pada Allah atas semua dosa-dosa orang tersebut.

Keutamaan Al Qur’an tersebut sudah diterangkan oleh salah satu hadits yang artinya berbunyi, “Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya” (HR. ad-Dailami).

Mendapat Syafaat di Hari Akhir

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, ‘Bacalah Al-Qur’an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya,” (HR. Ahmad).

Hari Kiamat merupakan sebuah kepastian yang akan datang. Kita tidak pernah tahu kapan hari kiamat tersebut, bagaimana keadaan kita saat terjadinya, dan apa saja amal yang sudah kita bawa untuk menghindarkan diri dari siksaan pedih di akhirat nanti. Jika dosa-dosa kita aman banyak, tentu jaminan neraka jahannam sudah di pelupuk mata. Namun, sebaliknya jika pahala dan amal kebajikan yang sangat banyak, meskipun hari kiamat tiba, kita sudah siap karena ganjalannya Surga.

Salah satu keutamaan dari membaca Al Qur’an sebagaimana sabda Rosulullah adalah memberikan syafa’at ketika hari kiamat tiba. Al Quran bisa menjadi saksi di depan Allah bahwasannya ketika hidup di dunia, kita sering membacanya. Tentunya itu bisa menjadi penolong agar itu terbebas dari siksaan yang pedih.

Mendatangkan Kebaikan dan Ditemani Malaikat

“Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah meriwayatkan bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Tidak ada suatu ibadah apapun yang tidak mendatangkan kebaikan untuk pelakunya. Allah sudah berjanji bahwasannya setiap kebaikan sebesar biji zarah, akan dibalas. Begitu pun dengan kejahatan sebesar biji zarah akan dibalas juga. Membaca Al Qur’an adalah salah satu bentuk ibadah umat Islam kepada manusia.

Karena merupakan salah satu ibadah, tentu Allah akan membalas ibadah tersebut dengan banyak sekali kebaikan. Di dalam hadits yang sebelumnya dituliskan, menjelaskan bahwa malaikat akan menemani orang yang lancar membaca Al Qur’an. Bahkan, setiap bacaan yang dibacanya, walaupun dibaca dengan terbata, Allah akan tetap memberikan sebanyak dua pahala. Tentunya pahala tersebut bisa memberikan banyak kebaikan dan ridho Allah di setiap langkahnya.

Mengerjakan Ibadah paling Agung

Diriwayatkan dalam kitab Syu’ab Al Iman, karya Al Baihaqi  “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Siapa yang ingin mengetahui bahwa dia mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah jika dia mencintai Al Quran maka sesungguhnya dia mencintai Allah dan rasul-Nya.” (Atsar Shahih).

Sebagai umat Islam sudah sepantasnyalah kita mencintai Allah dan Rosulnya. Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mencintai Allah maupun Rosul. Padahal, hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Sesuai dengan hadits tersebut, di mana ketika seseorang rajin membaca Al Qur’an dan mencintainya, maka sudah otomatis mereka adalah orang-orang yang cinta terhadap Allah dan Rosulnya. Itulah kenapa, membaca Al Qur’an termasuk pada salah satu ibadah yang dinilai paling agung oleh Rosulullah SAW.

Diangkat Derajatnya

Pada dasarnya, derajat setiap umat manusia adalah sama. Namun, ada hal yang membedakan derajat seseorang dengan orang yang lainnya di mata Allah, yakni seberapa banyak amal ibadah dan kebaikannya. Semakin sering seseorang beribadah dan berbuat baik, maka semakin tinggi derajatnya di mata Allah.

Keutamaan lain dari membaca Al Qur’an adalah bisa mengangkat derajat pembacanya di hadapan Allah. Hal ini pun sesuai dengan hadits dari Umar RA berkata bahwa Rasulullah: “Allah Ta’ala mengangakat derajat berapa kaum melalui kitab ini (Al-Qur’an) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula.” (HR Muslim)

Mendatangkan Rahmat dan Membuat Hati Merasa Tentram

Pernahkah Anda merasakan rasa nyaman, tentram, dan  semua beban terasa hilang setelah membaca Al Qur’an? Sesuai dengan firman Allah dalam Al Qur’an itu sendiri yang artinya “Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang jadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang yang zalim selain kerugian.” (Q.S Al Isra: 82)

Dari kutipan ayat tersebut sudah jelas bahwasannya Al Qur’an bisa menjadi penawar dari segala macam keburukan. Terutama hal-hal buruk yang dirasakan oleh seseorang seperti rasa sakit, rasa tidak tenang, rasa tidak tentram dan lain sebagainya. Dengan membaca Al Qur’an, tentu bisa membuat kita jadi merasakan lebih tenang dan aman. Ketika Anda sedang gelisah, cobalah untuk membacanya.

Tak hanya memberikan ketenangan saja, Al Qur’an pun adalah rahmat bagi semua umat. Bahkan ketika Anda membaca Al Qur’an, secara tidak langsung Anda pun sedang mengingat Allah. Tak heran, Allah akan datang kepada kita dan memberikan rahmat untuk kita. Hal itu karena Allah akan bersama dengan orang-orang yang selalu mengingatnya. Ketika Allah selalu membersamai, tentu setiap langkah dan apapun yang kita lakukan sudah barang tentu diberkahi dan diridhoi.

Membantu Orangtua di Akhirat

Keistimewaan dan keutamaan lain yang akan didapatkan ketika kita membaca Al Qur’an adalah bisa memberikan syafaat untuk kedua orangtua kelak di akhirat. Pasalnya, orang yang sering membaca Al Qur’an adalah orang yang senantiasa diberikan kemuliaan oleh Allah. Apalagi bagi orang yang menghafalkannya serta bisa memahami tentang apa saja isi kandungan, hikmah dan pelajaran yang ada di dalamnya.

Nantinya, orang tersebut akan mendapat rahmat yang luar biasa. Salah satunya adalah kemampuan untuk membantu orangtua mereka di akhirat. Bahkan, para penghapal Al Qur’an ini bisa memakaikan mahkota di kepala kedua orangtuanya dan membangunkan rumah untuk mereka di surga Allah. Dengan memerhatikan beberapa keutamaan dan keistimewaan tersebut, betapa banyak sekali kebaikan dan keuntungan yang dihadirkan karena kita sering membaca Al Qur’an. Manusia adalah tempatnya salah, maka tidak ada salahnya jika kita memperbaiki dan menghapus segala kesalahan kita dengan memanfaatkan keutamaan dari Al Qur’an ini. Apalagi dengan semua keutamaan yang diberikannya, alasan apalagi yang membuat kita enggan untuk membacanya, menghafalnya, lalu mengaplikasikan setiap hikmahnya dalam kehidupan? Bukankah, ingin sekali bukan agar kita bisa mendapat semua syafaat dan rahmatnya agar selamat dunia akhirat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *