fbpx

Bagaimana Larangan Puasa di Hari Sabtu?

Puasa adalah salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan mulai dari sebagai ibadah wajib sampai memiliki manfaat baik bagi tubuh. Puasa terbagi menjadi dua yaitu puasa wajib atau puasa ramadhan, dan puasa sunnah seperti puasa daud, puasa senin kamis, puasa syawal, puasa arafah, puasa ayyamul bidh dan lainnya. Puasa memang bisa dilakukan kapan saja atau mengikuti tanggal yang sudah ditentukan. Akan tetapi, dalam beberapa ketentuan dikatakan bahwa ada hari-hari yang dilarang untuk berpuasa dan salah satunya adalah hari sabtu. Bagaimana larangan puasa di hari sabtu?

Hukum Puasa di Hari Sabtu

Hukum Puasa di Hari Sabtu

Puasa di hari sabtu diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dengan beberapa ketentuan.

  • Pertama, sebuah hadits mengatakan tidak boleh berpuasa di hari sabtu sebagai berikut:

Dari Abdullah bin Busr dari Saudarinya, yang bernama as-Shamma’, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Janganlah kalian berpuasa hari sabtu, kecuali untuk puasa yang Allah wajibkan. Jika kalian tidak memilliki makanan apapun selain kulit anggur atau batang kayu, hendaknya dia mengunyahnya.” (HR. Turmudzi 744, Abu Daud 2421, Ibnu Majah 1726, dan dishahihkan al-Albani).

Hadits tersebut secara jelas bahwa dilarang untuk berpuasa di hari sabtu. Bahkan diumpamakan jika ia hanya memiliki kulit anggut atau batang kayu, tetap harus dikunyah agar tidak berpuasa.

bolehkah Puasa di Hari Sabtu
  • Kedua, hadits yang menjelaskan bahwa diperbolehkan untuk berpuasa di hari sabtu sebagai berikut:

dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Janganlah kalian melakukan puasa di hari jumat saja, kecuali jika dia iringi dengan puasa sehari sebelumnya atau setelahnya.” (HR. Bukhari 1985 & Muslim 1144)

Hadits diatas menjelaskan bahwa diperbolehkan untuk berpuasa di hari sabtu asalkan ia berpuasa juga pada hari jum’at sehingga tidak berpuasa di hari sabtu saja. Akan tetapi, menurut beberapa penjelasan diperbolehkan berpuasa di hari sabtu jika sabtu itu adalah tanggal 9 Dzulhijjah, hari ia berpuasa rutin seperti puasa daud, atau tanggal-tanggal berpuasa lainnya.

Alasan Pelarangan Puasa Hanya di Hari Sabtu

Larangan Puasa di Hari Sabtu

Puasa dapat dilakukan setiap hari terkecuali pada hari sabtu, kecuali puasa wajib. Akan tetapi, jika pada hari jum’at berpuasa maka diperbolehkan. Lantas, mengapa dilarang untuk berpuasa pada hari sabtu saja?

Hari sabtu adalah hari dimana orang-orang yahudi sangat mengagungkannya. Bagaimanapun ummat islam sangat dilarang jika melakukan sesuatu yang sangat mirip dengan apa yang dilakukan oleh ummat lain agar tidak dianggap menyerupainya.

Selain itu, jika berpuasa di hari sabtu tanpa alasan sebagaimana yang diperbolehkan maka dianggap mengagungkan hari sabtu sebagaimana orang-orang yahudi mengagungkan hari sabtu. Berpuasa di hari sabtu saja juga dimakruhkan oleh Imam Hambali. Wallahu’alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *