fbpx
0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Bagaimana Hukum Memelihara Jenggot dan Apa Saja Keutamaannya?

  • Home / Blog / Bagaimana Hukum Memelihara…
Bagaimana Hukum Memelihara Jenggot dan Apa Saja Keutamaannya?

Bagaimana Hukum Memelihara Jenggot dan Apa Saja Keutamaannya?

Islam merupakan agama yang sangat lengkap dalam membahas kehidupan di dunia maupun di akhirat. Keseharian dalam berkehidupan pun juga sudah diatur dalam islam seperti dalam berpenampilan. Islam mengatur batasan-batasan, anjuran, serta keutamaan dalam berpenampilan. Salah satunya adalah memelihara jenggot bagi kaum lelaki. Lantas, bagaimana hukum memelihara jenggot diatur didalam islam dan apa saja keutamaannya?

Hukum Memelihara Jenggot

Jenggot adalah rambut yang tumbuh di area wajah meliputi dari bawah kuping, kedua sisi pipi hingga dagu. Memelihara jenggot merupakan salah satu ajaran Nabi Muhammad SAW sebagaimana dikatakan dalam beberapa hadits.

Bedakanlah diri kamu dengan orang-orang musyrik. Biarkanlah jenggot dan potonglah kumis,” (HR Muslim)

Hadits tersebut memiliki penjelasan bahwa pada zaman dahulu, orang-orang kafir suka memelihara kumis. Karena tidak ingin menyerupai kebiasaan dan budaya dari orang-orang kafir, Rasulullah SAW akhirnya mengatakan seperti itu kepada sahabat-sahabatnya.

Cukurlah kumis dan peliharalah jenggot”. (HR. Bukhari: 5893 dan Muslim: 259).

Hadits tersebut sudah cukup jelas bagaimana perintah Rasulullah SAW untuk memelihara jenggot dan mencukur kumis. Secara umum memang tujuan dari memelihara jenggot adalah untuk memisahkan diri dari penampilan orang-orang kafir pada zaman itu.

Keutamaan Memelihara Jenggot

Memelihara jenggot tidak hanya sekedar mengikuti sunnah. Salah satu keutamaan dari memelihara jenggot adalah karena jenggot dan rambut adalah fitrah bagi kaum lelaki. Yang mana fitrah itu sendiri adalah kecenderungan alamiah yang menjadi bagian dari kehidupan.

Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memendekkan kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” (HR. Muslim no. 627)

Dalam hadits tersebut disampaikan bahwa ada sepuluh perkara fitrah dan salah satunya adalah memendekkan kumis dan memelihara jenggot.

Manfaat Memelihara Jenggot

Secara ilmiah, memelihara jenggot memiliki beberapa manfaat yaitu:

  1. Melindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung. Menurut jurnal Radiation Protection Dosimetry, sekitar 90-95% sinar UV dari matahari dapat dicegah dengan adanya jenggot.
  2. Menjaga kelembaban kulit wajah. Kulit wajah yang ditumbuhi oleh jenggot tidak terkena sinar matahari dan angin sehingga tidak kering dan tetap lembab.

Memelihara jenggot memiliki keutamaan secara sunnah dan juga fitrah, selain itu juga memelihara jenggot dapat memberikan manfaat bagi Kesehatan. Oleh karena itu, kita harus mengikuti sunnah-sunnah Rasul karena setiap sunnah Rasulullah SAW membawa kebaikan. Wallahua’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *