fbpx
0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Bagaimana Cara Menyembelih Hewan Qurban yang Benar?

  • Home / Blog / Bagaimana Cara Menyembelih…
Bagaimana Cara Menyembelih Hewan Qurban yang Benar?

Bagaimana Cara Menyembelih Hewan Qurban yang Benar?

Cara menyembelih hewan qurban harus sesuai syariat yang telah diatur tata cara penyembelihan yang baik dan benar serta sudah diatur dalam Kitab Suci Al-Qur’an dan hadist. Perlu diketahui perintah untuk berqurban terkandung dalam Al-Qur’an surah Al Kautsar, dan tata cara berqurban ada di dalam beberapa hadist.

Hukum Berqurban

Rasulullah SAW bersabda:

Tiga perkara yang itu semua diwajibkan kepadaku, tapi disunnahkan bagi kalian: salat witir, berkurban, dan salat dhuha.” (HR. Ahmad).

Berqurban hukumnya merupakan sunnah muakkad atau sunnah yang dikuatkan. Jumhur ulama telah menyepakati jika berqurban hukumnya adalah sunnah terutama oleh Imam Syafi’i dan Imam Maliki. Sementara hukum berqurban akan menjadi wajib jika dijadikan sebuah nazar atau sumpah untuk melaksanakannya.

Wajib hukumnya seorang muslim tahu bagaimana tata cara menyembelih hewan qurban sesuai syariat agama Islam. Hal ini supaya daging hasil qurban halal untuk dikonsumsi dan tidak menyalahi aqidah maupun syariat yang sudah dianjurkan.

Waktu pemotongan hewan qurban dapat dilakukan sesuai salat Idul Adha dan terdapat batas akhir penyembelihan hewan qurban yakni tanggal 13 Dzulhijjah yang mempunyai arti bahwa pemotongan hewan qurban dapat dilakukan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah atau saat sedang masa hari tasyrik.

Berqurban atau menyembelih hewan qurban tidak hanya sebagai penyempurna ibadah saja, akan tetapi untuk memperingati kisah dari Nabi Ibrahim AS saat mendapat perintah dari Allah untuk menyembelih putranya yaitu Nabi Isma’il AS.

Cara Menyembelih Hewan Qurban

Berikut tata cara penyembelihan hewan qurban yang baik dan benar sesuai syariat Islam, mulai dari cara pemotongan, sampai alat untuk pemotongan juga harus benar-benar dipahami dengan baik. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

1. Hewan yang akan dilakukan penyembelihan harus direbahkan dengan posisi kaki yang terikat. Hewan juga dihadapkan ke rusuk sebelah kirinya agar mudah untuk dijegal dan tidak melakukan perlawanan.

2. Hewan qurban wajib dihadapkan ke arah kiblat, begitu pun saat proses pemotongan juga diharuskan menghadap kiblat. Dalam hal ini tidak boleh sembarangan menghadap arah yang lain.

3. Alat yang digunakan saat penyembelihan harus tajam dan tidak boleh tumpul, saat menyembelih juga harus memotong kerongkongan dan urat nadi yang ada di sebelah kanan dan kiri leher. Diusahakan saat penyembelihan harus langsung memutus kerongkongan dan urat nadi hewan yang disembelih, agar hewan lekas mati dan tidak tersiksa.

4. Wajib hukumnya membaca doa sesuai syariat Islam saat penyembelihan hewan qurban.

Bagi petugas penyembelihan hewan qurban, adapun doa yang dipanjatkan saat melakukan penyembelihan versi latin di antaranya:

– Membaca Basmalah

– Membaca takbir 3X dan tahmid (Allаhu Akbаr 3X, Wаlіllаhіl Hаmd)

– Membaca Salawat Nabi (Allаhummа Shаllі Alа Sаууіdіnа Muhаmmаd, Wа Alа Alі Sаууіdіnа Muhаmmаd.)

– Selanjutnya membaca doa menyembelih hewan (Allаhummа Hаdzіhі Mіnkа Wа Ilаіkа, Fаtаqаbbаl Mіnnі Yа Kаrіm.)

5. Jika hewan qurban memiliki jenis leher yang panjang seperti hewan unta, maka cara pemotongan dapat dilakukan di pangkal leher sebelah atas agar hewan tersebut segera mati.

6. Untuk hewan qurban yang liar atau jatuh kedalam lubang yang sudah untuk dilakukan penyembelihan, maka hewan qurban boleh dijegal dimana saja tubuh hewan qurban tersebut. Dengan syarat kematian hewan qurban murni disembelih, serta penyembelihannya juga menyebut nama Allah SWT.

7. Kemudian setelah hewan qurban dipastikan benar-benar sudah mati atau tidak bernyawa, maka gantung kaki belakang hewan seusai disembelih.

8. Ikat dubur dan saluran makanan hewan qurban.

9. Lakukan pengulitan hewan qurban yang berhasil disembelih secara perlahan.

10. Keluarkan isi organ yang ada didalam tubuh hewan qurban dan pisahkan.

11. Jaga kebersihan daging qurban, dan bungkus menggunakan plastik khusus untuk makanan.

Demikian penjelasan mengenai penyembelihan hewan qurban yang benar dan tidak menyalahi syariat Islam agar daging yang dibagikan halal untuk dikonsumsi. Wallahua’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *