fbpx

Apa Saja Yang Membatalkan Wudhu? 

Sebelum melaksanakan sholat wajib ataupun sholat sunah, kita dianjurkan untuk bersuci terlebih dahulu dengan cara berwudhu. Wudhu sendiri merupakan bersuci dari kotoran atau najis yang harus dilakukan sebelum melaksanakan sholat. Selain mengetahui rukun wudhu, kita perlu tahu betul tentang apa saja yang membatalkan wudhu agar tetap dalam keadaan suci.

Berikut Ini Hal Apa Saja Yang Membatalkan Wudhu

Seseorang yang telah berwudhu lalu kemudian melakukan hal yang bisa membatalkan wudhunya maka bisa jadi orang tersebut tidak sah dalam melaksanakan sholatnya. Oleh sebab itu, maka tentu saja anda perlu mengetahui apa saja hal yang membatalkan wudhu berikut ini: 

Keluarnya Sesuatu Dari Kemaluan

apa saja yang membatalkan wudhu

Hal pertama yang bisa membatalkan wudhu yaitu keluarnya sesuatu dari kemaluan. Segala hal yang keluar dari kemaluan seperti kencing, buang air besar, mani, kentut, wadi serta mazdi bisa membatalkan wudhu seseorang. Hal ini tentu sejalan dengan hadist Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Allah tidak akan menerima sholat salah seorang dari kamu jika dia berhadats sehingga dia berwudhu”.

Muntah 

ketahui apa saja yang membatalkan wudhu

Mengeluarkan makanan dari mulut atau yang dikenal dengan muntah juga bisa membatalkan wudhu anda. Namun terdapat dua pendapat mengenai hal ini dimana Madzhab Hanafi dan Hambali berpendapat bahwa muntah bisa membatalkan wudhu apabila yang keluar seukuran dengan kadar satu mulut penuh. Pendapat kedua yaitu dari Madzhab Maliki dan Syafi’i yang berpendapat bahwa wudhu tidak batal karena muntah. Hal ini sesuai dengan contoh dimana Rosulullah pernah muntah lalu tidak mengambil air wudhu. 

Darah Serta Nanah 

ingat apa saja yang membatalkan wudhu

Berikutnya yaitu darah dan nanah. Sesuatu yang keluar tidak melalui dua kemaluan seperti darah, nanah serta nanah yang bercampur dengan darah bisa membatalkan wudhu seseorang namun dengan syarat mengalir ke tempat yang wajib disucikan. 

Menyentuh Kemaluan

apa saja yang membatalkan wudhu menurut ilmu fiqh

Menyentuh kemaluan tanpa adanya batas baik itu kemaluan sendiri ataupun kemaluan orang lain bisa membatalkan wudhu seseorang yang melakukannya. Hal ini sejalan dengan hadist riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban, Rosulullah SAW bersabda: “Siapa yang membawa tanganya ke kemaluannya tanpa ada yang membatasi maka wajib berwudhu”

Tertawa Terbahak-Bahak

apa saja yang membatalkan wudhu seseorang

Hal yang membatalkan wudhu berikutnya yaitu tertawa terbahak-bahak ketika sedang melaksanakan sholat. Menurut Madzhab Hanafi, tertawa ketika sholat bisa membatalkan wudhu hal tersebut karena perbuatan ini bertentangan dengan keadaan sedang bermunajat kepada Allah SWT. 

Ragu Sudah Wudhu

apa saja yang membatalkan wudhu kita

Hal yang membatalkan wudhu terakhir yaitu ragu dengan adanya wudhu. Barang siapa yang merasa yakin bahwa dirinya suci lalu kemudian dia masih rahu tentang terjadinya hadats maka dia wajib berwudhu. Hal ini juga tentu berlaku ketika dia yakin berhadas serta ragu masih suci. 

Nah itulah sekilas tentang apa saja yang membatalkan wudhu. Dengan adanya hal-hal diatas tentu saja akan menjadi pelajaran untuk anda dan lebih tahu mengenai hal yang membatalkan wudhu agar anda bisa lebih tertib lagi dalam berwudhu dan setelah melakukan wudhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *