fbpx
0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Apa Saja Sunnah Berbuka Puasa?

  • Home / Blog / Apa Saja Sunnah…
Apa Saja Sunnah Berbuka Puasa?

Apa Saja Sunnah Berbuka Puasa?

Beberapa amalan sunah dianjurkan kepada umat muslim ketika sedang melakukan buka puasa Ramadhan. Sebagai penambah pahala tentunya amalan sunah dapat dikerjakan sesuai anjurannya karena juga bermanfaat bagi orang yang mengerjakan amalan sunah ini.

Berikut ini beberapa amalan sunah berbuka puasa yang dapat kamu lakukan.

1. Sunnah Berbuka Puasa: Menyegerakan Buka Puasa

Menyegerakan berbuka puasa dapat dilakukan ketika adzan Maghrib sudah berkumandang, maka seorang muslim yang menjalankan puasa dapat langsung menyegerakan berbuka puasa Ramadhan. Sunnah berbuka puasa dengan segera ini juga bermanfaat bagi tubuh.

Kurangnya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh selama seharian, juga akan menyebabkan gejala dehidrasi secara berlebihan. Maka dari itu amalan sunah menyegerakan untuk melakukan buka puasa bermanfaat mengembalikan kinerja tubuh secara keseluruhan.

2. Berbuka dengan Makanan atau Minuman yang Manis

Ruthab atau kurma basah adalah menu berbuka puasa kesukaan Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan Anas bin malik, bahwa Nabi Muhammad SAW menyantap kurma basah atau lebih dikenal ruthab dalam bahasa Arab saat beliau sebelum menunaikan ibadah salat Maghrib.

Jika tidak ada kurma basah atau ruthab maka beliau akan berbuka puasa dengan kurma kering atau tamr. Jika ruthab dan tamr tidak tersedia, maka beliau akan membatalkan puasa dengan seteguk air.

Sunah dari Nabi Muhammad SAW tersebut sangat bagus untuk dilakukan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan cairan serta rendah lemak, atau mengandung gula alami akan mengembalikan energi yang ada di dalam tubuh.

Terkhusus untuk kurma, berbuka puasa dengan buah kurma adalah hal yang bagus untuk dilakukan karena kurma memiliki antioksidan yang tinggi serta gula alami, tidak lupa juga mineral dan sumber serat yang tinggi pula. Sehingga akan membantu memulihkan energi yang hilang selama seharian berpuasa.

3. Membaca Basmalah dan Doa Sebelum Berbuka Puasa

Sunah lain yang sering luput dilakukan adalah mengucapkan basmalah dan doa. Lazimnya berbuka puasa memang harus mengucap basmalah karena sebagai rasa syukur terhadap kenikmatan yang sudah dijalankan dalam ibadah puasa.

4. Segera Melaksanakan Sholat Maghrib

Sunnah berbuka puasa yang dilakukan oleh Rasulullah salah satunya adalah setelah menyantap beberapa kurma dan beberapa teguk air, Rasulullah langsung mendirikan sholat maghrib berjamaah. Hal ini dilakukan karena waktu maghrib dengan isya yang terjeda sebentar serta untuk mencegah terlalu kenyang menyantap sajian buka puasa.

5. Tidak Berlebihan saat Berbuka Puasa

Arti puasa yang mengendalikan hawa nafsu dan hasrat, termasuk dalam urusan menyantap makanan dan minuman. Oleh karena itu, menyantap makanan yang berlebihan sampai sangat kenyang justru akan mengurangi pahala atau keutamaan umat muslim dalam berpuasa.

Makan dan minum berlebihan saat berbuka puasa juga tidak baik bagi tubuh, terutama bagi lambung dan pencernaan. Serta akan membuat malas berdiri saat menunaikan salat maghrib, isya’, ataupun tarawih.

6. Berbagai makanan Kepada Orang Lain saat Berbuka

Umat muslim yang diberikan rezeki berlimpah dari Allah dapat memanfaatkan waktu berbuka puasa sebagai ladang pahala dengan cara memberikan takjil atau menu berbuka puasa kepada orang lain yang menunaikan ibadah puasa. Pahala sedekah dengan memberikan makanan kepada orang yang melaksanakan ibadah puasa sangatlah besar dan akan diberi ganjaran berkali-kali lipat oleh Allah SWT.

Demikian pembahasan mengenai amalan sunah saat berbuka puasa. Jika amalan-amalan sunah tersebut dijalankan, tentunya akan menambah keberkahan puasa Ramadhan dan pahala, juga meningkatkan dalam hal keimanan kepada Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *