fbpx

Apa Keutamaan Sholat Istikharah?

Apakah Anda tahu sebenarnya apa keutamaan sholat istikharah bila kita kerjakan? Istikharah sendiri adalah salah satu sholat sunnah 2 rakaat dengan banyak keutamaan baik. Terutama buat Anda yang sedang kesulitan membuat suatu keputusan penting, maka bisa mencoba sholat ini dan pasti mendapatkan jawaban terbaiknya.

Hal ini juga sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada kaumnya yang sedang bimbang dan tidak dapat memutuskan sesuatu dengan mantap. Hal ini memang dianjurkan pada zaman Rasulullah SAW karena cara lain hanya dengan mengundi. Tentu sholat lebih baik karena keputusan menjadi mantap dan keutamaan lain dapat kita rasakan.

Tata Cara Melakukan Sholat Istikharah

keutamaan sholat istikharah

Sholat istikharah adalah sholat selain sholat wajib yaitu dengan mendirikan dua rakaat sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut.

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita ; ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan istikharah kepada kami dalam (segala) urusan, sebagaimana beliau mengajari kami surat dari Al-Qur’an. Beliau bersabda.

“Jika salah seorang di antara kalian berkeinginan keras untuk melakukan sesuatu, maka hendaklah dia mengerjakan shalat dua rakaat di luar shalat wajib, dan hendaklah dia mengucapkan : (‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, memohon ketetapan dengan kekuasan-Mu, dan aku memohon karunia-Mu yang sangat agung, karena sesungguhnya Engkau berkuasa sedang aku tidak kuasa sama sekali, Engkau mengetahui sedang aku tidak, dan Engkau Mahamengetahui segala yang ghaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (kemudian menyebutkan langsung urusan yang dimaksud) lebih baik bagi diriku dalam agama, kehidupan, dan akhir urusanku” –atau mengucapkan : “Baik dalam waktu dekat maupun yang akan datang-, maka tetapkanlah ia bagiku dan mudahkanlah ia untukku. Kemudian berikan berkah kepadaku dalam menjalankannya.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agama, kehidupan dan akhir urusanku” –atau mengucapkan: “Baik dalam waktu dekat maupun yang akan datang-, maka jauhkanlah urusan itu dariku dan jauhkan aku darinya, serta tetapkanlah yang baik itu bagiku di mana pun kebaikan itu berada, kemudian jadikanlah aku orang yang ridha dengan ketetapan tersebut), Beliau bersabda : “Hendaklah dia menyebutkan keperluannya” (HR. Bukhari)

Keutamaan Sholat Istikharah

ketahui keutamaan sholat istikharah

Keburukan memang akan terhindari jika kita melaksanakan istikharah. Kita sudah ketahui sendiri kebanyakan orang melakukan ibadah ini agar bisa menentukan pilihan jodoh, pekerjaan, atau memilihi peluang untuk hidupnya. Jadi, keburukan seperti memilih pilihan yang tidak tepat tidak akan terjadi sehingga anda mendapatkan pilihan terbaik atas petunjuk Allah SWT.

Keburukan lain yang dapat dihindari yaitu bisa menghindari segala macam bisikan setan yang terkutuk. Kita sudah tahu jika setan akan senantiasa mencoba menggoda dan menuntun kita ke jalan yang buruk. Hasilnya tentu kita akan mengambil keputusan salah sehingga berakibat sedih dan kegagalan sehingga dibutuhkan pertaubatan di akhir.

Jadi, apa keutamaan sholat istikharah untuk ketenangan hati sangat diperlukan terutama dalam menjauhi bisikan setan. Anda bisa terus berdoa agar dalam menjalani segala macam kegiatan dan ibadah sehari-hari sesuai dengan petunjuk Allah SWT. Selain itu terus berdoa agar dapat menghindari jalan setan yang menjerumuskan kita ke neraka.

Membuat Diri Lebih Bergantung Pada Allah SWT

keutamaan sholat istikharah yang benar

Kepasrahan memang jadi salah satu bentuk rasa syukur dan percaya kepada Allah SWT. Hal ini juga dapat kita lihat dalam surat At Taubah ayat 51, di mana didalamnya terdapat penjelasan mengenai segala hal yang terjadi didunia sesuai ketetapan Allah SWT. Maka dari itu untuk semua muslim beriman harus percaya atas perlindungan-Nya.

Dengan inilah kita harus percaya jika sholat Istikharah yang kita lakukan akan menghasilkan pilihan jalan terbaik. Apalagi petunjuk dari Allah SWT bisa muncul di mana dan kapan saja. Jadi, kita harus bersabar kalaupun setelah melakukan sholat istikharah akan tetapi belum menemukan hasil karena mungkin saja belum waktunya.

Tentu saja dnegan kesabaran akan membuat hati kita semakin lapang dan ikhlas saja. Kita harus percaya kalau Allah SWT memiliki pilihan paling baik untuk diri kita. Jadi, melaksanakan istikharah harus dilakukan dalam memutuskan banyak hal apalagi hukumnya sesuai sunnah Rasulullah. Wallahu’alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *