fbpx
0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Apa Itu Shalat Qiyamul Lail Dan Bagaimana Tata Caranya?

  • Home / Blog / Apa Itu Shalat…
Apa Itu Shalat Qiyamul Lail Dan Bagaimana Tata Caranya?

Apa Itu Shalat Qiyamul Lail Dan Bagaimana Tata Caranya?

Apa itu shalat qiyamul lail dan bagaimana tata caranya – Shalat Qiyamul Lail merupakan shalat sunah yang dilakukan diantara shalat Isya sampai dengan shalat Subuh. Shalat sunah yang satu ini dianggap seabagai ibadah yang sangat agung dimana sangat banyak hadits-hadist Rasulullah yang memberikan anjuran agar kita selalu mengerjakan shalat sunah ini.

Waktu Pengerjaan Shalat Sunah Qiyamul Lail

Waktu pengerjaan shalat sunah Qiyamul Lail memang terbilang cukup panjang. Shalat ini bisa dimulai sejak selesai mengerjakan shalat Isya sampai dengan masuk shalat Subuh atau terbit fajar. Dengan begitu, selama waktu yang telah dianjurkan anda bebas melakukannya kapan saja. Shalat malam ini terdiri dari rakaat genap dan rakaat ganjil.

Hukum Shalat Sunah Qiyamul Lail

Para ulama bersepakat bahwa hukum shalat Qiyamul Lail merupakan sunnah muakkad untuk kaum muslimin. Hal ini tentu saja sama dengan shalat tarawih dimana shalat ini bukanlah shalat wajib melainkan shalat sunah yang dilaksanakan ketika bulan suci ramadhan.

Namun walaupun demikian, ada juga beberapa ulama yang menyebutkan bahwa shalat Qiyamul Lail merupakan shalat wajib serta ada juga ulama yang berpendapat bahwa shalat sunah ini bermula dari wajib namun di mansukh menjadi sunnah. Wallahu a’alam bish shawab.

Apa Saja Keutamaan Shalat Sunah Qiyamul Lail?

Melaksanakan shalat sunah Qiyamul Lail setelah melaksanakan shalat wajib tentu saja sangat dianjurkan. Jangan sampai anda melaksanakan shalat sunah ini namun melupakan shalat wajib yang seharusnya anda laksanakan.

Sama halnya dengan shalat sunah yang pada umumnya kita ketahui, ada banyak sekali keutamaan shalat sunah Qiyamul Lail. Apa saja keutamaannya? Berikut beberapa diantaranya:

  • Menjadikan Kedudukan Menjadi Lebih Dekat Dengan Rasulullah Pada Hari Kiamat

Keutamaan yang pertama yaitu menjadikan kedudukan umat-Nya yang melaksanakan shalat sunah tersebut dengan tumaninah akan lebih dekat dengan Rasulullah pada hari kiamat. Sahabat Rabi’ah bin Malik Al-Islami Radhiallahu ‘anhu berkata

Aku bermalam bersama Rasulullah, lalu aku datang membawa air untuk berwudhu’ dan untuk kebutuhan beliau. Beliau berkata “mintalah (sesuatu)”. Aku berkata “Aku minta agar bisa menemani engkau di surga”.  “Atau ada permintaan selain itu?” Beliau berkata. “Hanya itu” tegasku. Lalu beliau berkata “Kalau begitu bantulah aku memenuhi permintaanmu dengan banyak bersujud” (HR. Muslim no. 489).

Jadi, dengan adanya hadist tersebut maka bisa disimpulkan bahwa barang siapa yang selalu melaksanakan shalat sunah Qiyamul Lail, maka  anda akan termasuk kedalam umat yang bisa lebih dekat dengan rasulullah pada hari kiamat.

  • Menyempurnakan Kekurangan Pada ibadah Wajib

Saat melaksanakan ibadah wajib seringkali kita melakukan sesuatu yang menjadikan ibadah yang telah dijalani menjadi kurang sempurna. Hal ini tentu bisa disebabkan karena kurangnya khusyu’ ataupun keikhlasan. Jika anda rutin melaksanakan shalat sunah Qiyamul Lail, maka InsyaAllah di hari kiamat kekurangan-kekurangan tersebut akan disempurnakan dengan ibadah tersebut.

Nah itulah keutamaan shalat sunah Qiyamul Lail yang sangat luar biasa. Dari ulasan diatas tentu saja Allah SWT selalu memberikan kemudahan sekaligus ganjaran kepada semua umat-Nya yang taat. Untuk tata cara shalat sebenarnya cukup mudah dan bisa hampir sama dengan tata cara shalat wajib dimana anda harus bersuci (berwudhu’) setelah itu shalat dengan tumaninah. Wallahu’alam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *