fbpx

Apa Itu Shalat Isyraq Dan Bagaimana Tata Caranya?

Seperti yang kita ketahui bahwa shalat merupakan tiangnya Agama yang harus dilaksanakan. Allah SWT memerintahkan semua umatNya untuk selalu melaksanakan shalat. Berbicara tentang shalat, shalat sunah merupakan penyempurna ibadah yang sebaiknya dilaksanakan. Terdapat banyak sekali shalat sunah yang bisa anda kerjakan salah satunya yaitu shalat Isyraq. Apa itu shalat Isyraq dan bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal Shalat Isyraq

hukum shalat Isyraq

Shalat Isyraq merupakan shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Anjuran melaksanakan shalat satu ini tentu saja berdasarkan hadist riwayat Imam Tirmidzi dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa “siapa saja yang melaksanakan shalat subuh, kemudian berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka pahala shalatnya setara dengan pahala Haji dan Umrah yang sempurna.

Sama halnya dengan shalat sunah yang memiliki banyak keutamaan, ada banyak juga keutamaan dari shalat sunah isyraq. Keutamannya tersebut tentu saja bisa membuat siapa saja yang melaksanakannya dimudahkan dalam setiap urusannya serta mendapatkan pahala dalam setiap hal yang dikerjakannya.

Hadits Shalat Isyraq

keutamaan shalat Isyraq

Hadirt pertama mengenai Shalat Isyraq adalah; Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata:

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa Mengerjakan Sholat Shubuh Berjamaah, lalu dia duduk Berdzikir sampai matahari Terbit, Kemudian Mengerjakan Shalat 2 Rakaat, maka ia akan Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan, “sempurna, Sempurna, Sempurna (Pahalanya).” (HR. At-Tirmidzi II/481 no.586)

Kemudian, ada hadits kedua yaitu; Dari Abu Umamah Radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Barangsiapa yang Mengerjakan Sholat Shubuh di Masjid secara Berjamaah, lalu dia tetap berada di dalam Masjid sampai melaksanakan shalat sunnah (di waktu, pent) Dhuha, Maka (Pahala) Amalannya itu seperti Pahala Orang yang Menunaikan ibadah Haji atau Umroh secara Sempurna.” (HR. Thobroni VIII/154 no.7663)

Lalu, Bagaimana Tata Caranya?

cara shalat Isyraq

Jika berbicara tentang tata cara shalat sunah Isyraq, pada dasarnya tata caranya hampir sama dengan shalat-shalat sunnah pada umumnya. Hanya saja, yang membedakannya tentu saja terletak pada rakaat dan juga waktu pelaksanaan.

Setelah salam, anda bisa langsung membaca doa berikut:

Allahumma ya nuron nuri wa kitabimm masthurin fi roqqim mansyurin wal baitil makmuri as-aluka an tarzuqoni nuron astahdi bihi ilaika wa adulla bihi ‘alaika wa yashabani fi hayati wa ba’dal intiqolo min dzolami misykati wa as-aluka bisy syamsi wa dhuhaha wa nafsin wama siwaha an taj’ala syamsa ma’rifatika musyriqotan bi la yahjubuha ghaimul awhami wala ya’tariha kusuful qomaril wahidiyah ‘indat tamami bal adim lahai isroqo wadz dzuhuro ‘ala mamarril ayyami wad duhuri wa shollilahumma ‘ala sayyidina muhammadin khotimil ambiya-i wal mursalina wal hamdulillahi robbil ‘alamin. Allohummaghfir lana wa liwalidina wa li-ighwanina fillahi wa amwatan ajma’ina.

Doa diatas tentunya bisa anda baca setelah melaksanakan shalat Isyraq. Itulah sekilas tentang ulasan apa itu shalat Israq dan bagaimana tata caranya. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untuk anda dalam menjalankan ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Wallahu’alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *