fbpx

Apa Itu Bersiwak?

Bersiwak adalah salah satu aktivitas atau cara untuk membersihkan gigi yang dilakukan sebelum adanya sikat gigi pada zaman modern seperti sekarang. Tentu saja untuk cara dan bahan masih sederhana serta bersifat tradisional sehingga bisa lebih sehat untuk kesehatan mulut kita.

Siwak sendiri berupa batang atau ranting yang berasal dari pohon arak di mana umumnya ditemukan di Timur Tengah. Bersiwak dicontohkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya sebagai bentuk menjaga kebersihan diri. Selain sebagai cara untuk membersihkan gigi dan mulut, bersiwak juga mendapatkan beberapa keutamaan.

Keutamaan Bersiwak

Keutamaan Bersiwak

Bersiwak adalah salah satu ibadah sunnah yang paling sering dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Meskipun merupakan pekerjaan yang ringan, bersiwak memiliki manfaat mulai dari Kesehatan gigi dan mulut hingga keridhaan Allah SWT. Sebagaimana disebutkamn dalam hadits:

“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”. (H.R.Ahmad)

Rasulullah juga begitu menginginkan sahabat dan ummatnya untuk bersiwak sebagaimana yang Rasulullah lakukan. Seperti yang disebutkan dalam hadits:

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Membersihkan gigi dan mulut dengan menggunakan siwak menjadi sangat penting. Karena, jika kita sehabis memakan makanan yang memiliki aroma menyengat atau tidak sedap kemudian pergi ke masjid dengan keadaan aroma mulut yang seperti itu tentu saja akan meresahkan orang lain yang menyebabkan malaikat juga akan terganggu karenanya. Sebagaimana diungkapkan dalam hadits:

“Barang siapa yang makan bawang putih atau bawang merah atau bawang bakung maka janganlah dia mendekati mesjid kami. Sesungguhnya malaikat terganggu dengan apa-apa yang bani Adam terganggu dengannya” (H.R. Muslim)

Oleh karena itu, bersiwak menjadi sebuah aktivitas ringan yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun sebagai amalan sunnah.

Baik untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Cara Bersiwak

Selain bagus untuk kesehatan gigi dan mulut, ternyata siwak mampu membuat gusi jadi sehat. Tentu saja gusi adalah salah satu bagian dalam mulut yang harus selalu kita jaga. Disini dengan memakai siwak, maka gigi akan sehat karena plak tidak akan terbentuk sehingga bakteri penyebab sakit gusi menjadi hilang.

Umumnya bakteri yang berkembang pada gusi membuat nyeri terutama berupa radang gusi. Tentu saja akan menyakitkan karena rasa sakitnya berasal dari dalam. Agar siwak bagus buat gusi, Anda harus memperhatikan dengan benar bagaimana cara memakainya. Tenang saja karena untuk cara penggunaannya kurang lebih sama dengan sikat gigi.

Anda bisa terlebih dahulu memotong siwak dan kulit pada bagian ujung dikupas sepanjang 1-2 cm. Setalh itu bisa mulai mengunyah saja sampai bentuknya lebih halus seperti sebuah serat.

Kalau bentuknya sudah semakin lembut dan terasa ringan, maka tinggal celupkan saja pada air. Inilah yang kemudian dapat kita gunakan untuk menyikat gigi dan membersihkan mulu kita.

Manfaat berlimpah dari siwak membuat kita sadar jika aktivitas sikat gigi menggunakan batang pohon ini sangat berguna. Terutama buat Anda jika ingin menjaga kesehatan mulit dan gigi dengan bahan alami atau tradisional. Jadi, tidak perlu lagi ditanyakan apa itu bersiwak? Terutama karena sudah terbongkar keutamaannya. Wallahua’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *