fbpx
0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

Apa Hukum dan Keutamaan Dari Mandi Jumat?

  • Home / Blog / Apa Hukum dan…
Apa Hukum dan Keutamaan Dari Mandi Jumat?

Apa Hukum dan Keutamaan Dari Mandi Jumat?

Hari Jumat sendiri bagi orang muslim adalah salah satu hari terbaik dan istimewa. Pada hari tersebut laki-laki muslim juga diwajibkan menjalankan sholat Jumat di masjid, maka dari itu dielu-elukan dan banyak menjadikannya sebagai hari melakukan kegiatan istimewa.

Kegiatan pernikahan, khitanan dan sebagainya sangat cocok dilakukan pada hari Jumat. Karena sangat istimewa, pada hari ini semua laki-laki diwajibkan meninggalkan kegiatan untuk sholat jumat. Tapi sebelum melaksanakannya, sangat direkomendasikan mandi terlebih dahulu karena keutamaannya buat diri kita ternyata luar biasa sehingga tidak boleh dilupakan.

Hukum dan Pahala Jika Mandi Jumat

“Barangsiapa berwudhu di hari Jum’at, maka itu baik. Namun barangsiapa mandi ketika itu, maka itu lebih afdhol.” (HR. An Nasai no. 1380, At Tirmidzi no. 497 dan Ibnu Majah no. 1091).

Menurut para ulama, apa hukum dan keutamaan dari mandi jumat? Sebenarnya mereka mengatakan jika hukumnya masih sunnah akan tetapi bagus apabila dilakukan. Hal ini akhirnya menjawab pada dasarnya belum dikatakan wajib, akan tetapi suatu kegiatan berpahala besar terutama seperti yang dikatakan oleh seorang Alaudin Al-Hashkafi.

Beliau dengan jelas dalam kitabnya yang berjudul Ad-Dur Al-Mukhtar menjelaskan bahwasanya mandi jumat itu memang disunnahkan, apalagi bila ditujukan sebelum melaksanakan sholat Jumat pada hari tersebut. Hal ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dikatakan oleh Az-Zurqani apabila mandi besar pada hari jumat sangat dianjurkan.

Anda dapat menemukan penjelasan tersebut dalam kitab berjudul Mukhtashar Khalil. Di mana mandi besar dinyatakan sebagai sunnah muakkad untuk setiap muslim laki-laki yang akan melaksanakan sholat Jumat. Mandi tersebut tentunya akan lebih baik dilaksanakan setelah matahri terbit, bukannya sebelum terbit matahari atau langit masih petang.

Jika melaksanakan hal ini, maka tentu pahala akan kita dapatkan dengan melimpah. Terutama seperti kita ketahui dalam agama Islam, yang namanya semua kegiatan bersuci termasuk mandi sangat disukai. Terutama karena tidak hanya membuat tubuh dan pikiran menjadi sehat, tapi nilai pahala meningkat di mata Allah SWT.

Apalagi sebagai orang muslim, kita tidak dapat melakukan ibadah kita kepada Allah SWT jika sebelumnya tidak menyucikan diri terlebih dahulu. Selain mandi, di hari Jumat Anda juga disarankan untuk memperbanyak wudhu dan ibadah lainnya. Maka nantinya tabungan pahala setelah meninggal nanti bisa semakin banyak.

Manfaat Untuk Tambahan Pahala dan Ampunan Dosa

“Barangsiapa yang mandi kemudian mendatangi Jum’at, lalu ia shalat semampunya dan diam (mendengarkan khutbah) hingga selesai, kemudian ia lanjutkan dengan shalat bersama Imam, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dan hari jum’at yang lain. Dan bahkan hingga lebih tiga hari.” (HR. Muslim no. 857).

Manfaat lain yaitu kita akan memperoleh ampunan dari segala dosa dari Allah SWT. Kita sudah ketahui sendiri dosa dapat diperoleh dari banyak sumber, misalnya tidak melaksanakan ibadah. Tentu untuk beribadah kita perlu suci terlebih dahulu. Jadi harus mandi dan mensucikan diri seperti berwudhu terlebih dahulu.

Kegiatan wudhu pun tidak akan dapat sah kalau kita belum suci dari hadas besar terlebih dahulu. Jadi, agar tidak mengambil risiko lebih baik melaksanakan mandi besar dibandingkan memperoleh dosa besar. Terutama bila dilakukan pada hari Jumat, maka orang yang melaksanakan dijamin memperolah ampunan dari dosa-dosanya.

Satu lagi manfaat yang banyak disenangi adalah karena pahalanya sama saja seperti kita melaksanakan Qurban. Hal ini tentu sangat membuat kita bersyukur terutama tidak harus mengeluarkan biaya untuk berqurban setiap saat.

Pahala ini dapat diraih bila sebelumnya mandi untuk berangkat sholat Jumat di masjid. Tentu saja harus berada di awal waktu karena apabila terlambat, maka manfaatnya akan berkurang. Bila kita mendengar suatu keutamaan atau manfaat dalam kegiatan agama Islam, tentu saja harus kita ikuti. Terutama apabila mampu menambahkan pahala kita sekaligus menghilangkan jumlah dosa yang kita miliki..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *