fbpx

9 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan yang Bisa Kamu Lakukan.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa bagi muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan Ramadhan juga diperingati setiap tahun sekali selama 1 bulan penuh. Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim dikarenakan bulan Ramadhan sendiri adalah bulan yang penuh keberkahan dan keistimewaannya terdapat malam lailatul qadar. Maka dari itu, seluruh umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan sunnah di bulan Ramadhan.

1. Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan: Mengakhirkan Santap Sahur

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Amalan sunnah di bulan Ramadhan yang pertama adalah mengakhirkan santap sahur. Sahur terpenuhi jika seseorang telah menyantap makanan atau minum meskipun hanya seteguk air saja.

2. Menyegerakan Buka Puasa

apa saja Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Amalan yang kedua adalah umat muslim dianjurkan untuk menyegerakan buka puasa. Waktu berbuka puasa dilakukan saat sudah memasuki waktu salat Maghrib.

Sementara saat berbuka puasa, anjuran dari Rasululah adalah mengonsumsi makanan manis salah satunya yaitu kurma yang bagus untuk kesehatan. Namun, jika tidak ada kurma maka dapat digantikan dengan makanan dan minuman yang manis lainnya asalkan itu halal.

3. Membaca Doa Sebelum Melakukan Buka Puasa

melakukan Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Amalan yang ketiga adalah membaca doa sebelum melakukan buka puasa. Agar makanan yang disantap saat berbuka puasa menjadi berkah karena memanjatkan doa untuk bersyukur telah menjalankan ibadah puasa dari sebelum terbit fajar sampai waktu salat Maghrib.

4. Mandi Besar Sebelum Memasuki Waktu Terbitnya Fajar

9 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Umat muslim diharuskan mandi besar seusai junub atau nifas. Sunnahnya, dapat melakukan mandi fajar sebelum terbitnya fajar pada saat bulan Ramadhan.

Hal ini bertujuan agar dapat menunaikan ibadah puasa Ramadhan sekaligus menghindari kekhawatiran air yang masuk ke anggota tubuh seperti telinga, mulut, dan anus yang akan membatalkan puasa.

Akan tetapi, jika seorang muslim tidak bersedia untuk mandi besar dalam waktu tersebut, maka dianjurkan mencuci anggota tubuh yang dimaksud dengan membaca niat untuk mandi besar.

5. Menghindari Perkataan Tidak Baik atau Kotor

Amalan yang lainnya adalah menghindari kata-kata yang tidak pantas diucapkan atau kotor. Segala ucapan yang mengandung kata-kata kotor dan perkataan bohong maka dapat menggugurkan pahala puasa dari seseorang yang melakukan hal tersebut.

6. Menahan Diri dari Nafsu

Selanjutnya adalah menahan diri dari godaan nafsu seperti makan, minum, dan godaan lainnya yang dapat menggugurkan pahala puasa sebaiknya dihindari dan jangan sampai tergoda. Maka menahan diri dari godaan nafsu dapat dilakukan agar pahala puasa semakin bertambah dan puasanya tidak batal.

7. Memperbanyak Amal Sedekah

Sedekah menjadi amalan sunnah di bulan Ramadhan yang tidak boleh dilewatkan karena sangat baik dan akan mendapatkan balasan dari Allah dua kali lipat dari sedekah itu. Utamanya sedekah adalah memberikan hidangan atau jamuan berbuka puasa kepada orang yang melaksanakan puasa.

8. Melakukan I’tikaf di Masjid

Memperbanyak i’tikaf di masjid adalah salah satu sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Perlu diketahui i’tikaf sebaiknya dilakukan minimal 10 hari terakhir di bulan Ramadhan atau sebulan penuh.

9. Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Juz

Mengkhatamkan Al-Qur’an 30 juz sangat dianjurkan bagi seluruh ummat muslim. Minimal kegiatan khatam dapat dilakukan sekali saat bulan suci Ramadhan. Ulama-ulama terdahulu seperti Imam Al Syafi’i melakukan khatam Al-Qur’an sebanyak 60 kali saat bulan suci Ramadhan.

Demikian bahasan mengenai amalan sunnah di bulan Ramadhan. Semoga kita sebagai hamba Allah harus melaksanakan amalan-amalan sunnah tersebut agar mendapatkan pahala yang lebih dari Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *