0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

7 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

  • Home / Blog / 7 Keutamaan Sedekah…
7 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

7 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Seperti yang diketahui, hari Jum’at seringkali menjadi hari yang spesial dan banyak sekali kebaikan-kebaikannya. Terlebih untuk umat Islam karena di hari Jum’at banyak sekali keberkahan yang dilimpahkan. Bahkan, Rosulullah SAW sendiri menganjurkan umatnya untuk senantiasa memperbanyak amalan dan ibadah pada hari Jum’at ini. Termasuk salah satunya adalah untuk senantiasa bersedekah pada hari Jum’at.

Keutamaan hari Jum’at ini disebutkan oleh salah satu hadits, yakni berbunyi: Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” [HR.Muslim]

Apa itu Sedekah?

Sebelum masuk kepada pembahasan apa saja keutamaan dari sedekah di hari Jum’at, sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu sedekah. Apalagi sedekah ini merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai dan disenangi oleh Allah SWT. Biasanya sedekah ini dilakukan oleh seseorang atau lembaga tertentu yang tujuannya sebagai kemaslahatan orang yang disedekahi.

Untuk melakukan sedekah ini pun tidak selalu harus berbentuk harta atau materi saja. Melainkan segala sesuatu yang bersifat non harta pun jika diberikan kepada orang lain maka merupakan sedekah. Bahkan untuk hal paling sederhana seperti memberikan sebuah senyuman kepada orang lain, bisa disebut juga sebagai sedekah. Dengan begitu, tidak perlu menunggu banyak harta atau banyak barang berharga untuk melakukan sedekah ini.

Keutamaan Sedekah di Hari Jum’at

Setelah Anda mengetahui pengertian dan sedikit penjelasan mengenai sedekah ini, lantas benarkan bahwa bersedekah di hari Jum’at punya keistimewaan yang luar biasa? Terlebih bagi orang-orang yang mengeluarkan harta atau apapun yang dicintainya untuk disedekahkan. Berikut adalah 7 keutamaan bersedakah di hari Jum’at.

Membuka Pintu Rezeki

Sebagian orang ada yang merasa bahwa dirinya tidak perlu sedekah karena tidak punya harta. Atau bahkan, ada juga orang yang enggan sedekah karena takut hartanya habis. Padahal sedekah inilah yang sebetulnya bisa membuka semua pinta rezeki. Orang yang asalnya tidak punya apa-apa, tapi dia dengan ikhlas bersedekah, maka akan Allah cukupkan segala kebutuhannya. Bahkan mendatangkan rezeki dari pintu mana saja yang tidak pernah diduga olehnya saat sebelum-sebelumnya.

Seperti kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini: “Barangsiapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah. Namun sebalikya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya.” (HR. At Tirmidzi)

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwasannya orang selalu mengorientasikan hidupnya untuk urusan akhirat dan membelanjakan hartanya untuk kebaikan termasuk sedekah, maka Allah akan senantiasa meletakan harta dan kekayaan di dalam jiwa orang tersebut. Bahkan apapun yang dibutuhkan dan kekayaan dunia apapun akan mudah didapatkan berkat bantuan Allah.

Berbeda jika seseorang malah selalu mengutamakan urusan dunia hingga melalaikan urusan akhiratnya. Apalagi jika orang tersebut enggan untuk bersedakah dan malah sombong dengan hartanya. Justru Allah akan menjadikan dirinya berada dalam kemiskinan. Begitu pun dengan urusan-urusannya yang malah akan menjadi sulit baginya. Dengan penjelasan tersebut, sudah jelas sekali bahwa dengan sedekah tidak akan menjadikan kita miskin. Jutsru sebaliknya, malah membuat diri kita kaya di akhirat dan juga urusan dunia semakin dipermudah.

Termasuk Amalan Sholeh

Dalam salah satu riwayat hadits disebutkan, bahwasannya Rosulullah pernah bersabda “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari Jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (Al-Iqna’, 1/170)

Jika melihat kepada hadits tersebut, maka Rosulullah menganjurkan untuk perbanyak sholawat di hari Jum’at karena termasuk pada hari yang paling afdhal. Meskipun begitu, sedekah pun termasuk pada amalan sholeh yang seharusnya pun diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jum’at. Seperti yang dikatakan Rosul, bahwasannya hari Jum’at inilah hari yang afdhal dan penuh dengan keberkahan.

Pada dasarnya, sedekah adalah sebuah kegiatan yang baik dan bagus dilakukan. Bahkan merupakan amalan yang paling dicintai Allah. Sementara, hari Jum’at adalah hari terbaik jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Jika amalan yang dicintai oleh Allah ini dilakukan pada hari yang paling baik, tentu syafaat dan ganjaran kebaikannya pun akan lebih tinggi. Tak heran jika sedekah di hari Jum’at dinilai menjadi amalan sholeh yang sangat dianjurkan.

Setara dengan Pahala Sedekah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Banyak umat Islam yang berlomba-lomba melakukan amalah sholeh dan juga melakukan ibadah pada bulan ini. Termasuk ketika melakukan shadaqah di bulan Ramadhan, maka pahalanya akan berlipat-lipat. Meskipun demikian, Anda tidak perlu menunggu bulan Ramadhan untuk bersedekah agar bisa mendapatkan pahala berlipat.

Pasalnya dengan melakukan sedekah pada hari Jum’at pun, kita sudah bisa mendapatkan ganjaran yang sama seperti bersedakah di bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan salah satu haidts. Di mana Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407)

Membawa Syafaat di Hari Akhir

Siapa yang tidak ingin mendapat syafaat atau pertolongan ketika hari akhir tiba? Pada dasarnya, hari akhir atau hari kiamat adalah sebuah kepastian. Tentunya, hari ini sudah dipastikan akan datang meskipun tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT saja. Meskipun kita tidak tahu kapan datangnya hari kiamat ini, sebaiknya kita harus senantiasa mempersiapkan segala amal kebaikan dan amal shaleh agar terbebas dari siksaan yang pedih.

Banyak sekali amalan yang bisa dilakukan agar kita bisa tertolong ketika hari kiamat tiba. Salah satunya adalah dengan sering melakukan sedekah. Khususnya bersedekah pada hari Jum’at. Ibnu Khuzaimah pernah menyebutkan: “Naungan orang mukmin pada hari Kiamat kelak adalah shadaqahnya” Hasan: Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, dinilai shahih oleh al-Albani yang terdapat dalam kitab Shahiih at-Targhiib (no. 872).

Dalam hadits tersebut sudah jelas bahwasannya ketika hari kiamat tiba, salah satu hal yang bisa menaungi umat Muslim adalah sedekah. Sehingga ketika kita senantiasa bersedakah, terlebih dengan tulus dan ikhlas, hanya semata-mata mengharap ridha Allah, maka Allah pun akan ridha terhadapnya.  Begitu pun juga Allah akan ridho sehingga saat kiamat tiba, dirinya akan dilindungi dan dinaungi oleh amalan baik sedekahnya ketika di dunia.

Hari Jum’at adalah Hari Istimewa

Dalam sebuah riwayat dijelaskan, bahwasannya Syaikhul Islam r.a, sering membawa apa saja yang ada di rumahnya untuk kemudian disedekahkan pada orang lain yang ada di jalanan secara diam-diam. Dan hal tersebut dilakukan sebelum beliau melakukan shalat Jum’at. Kemudian beliau mengatakan, “Apabila Allah memerintahkan kita untuk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

Dari riwayat tersebut menjelaskan bahwasannya bersedakah di hari Jum’at, terlebih bagi para laki-laki yang akan melaksanakan shalat Jum’at adalah hal yang istimewa. Apalagi hari Jum’at pun merupakan hari yang diberkahi dan penuh dengan keistimewaan. Jika hal tersebut sering dilakukan, maka pahala dan keutamannya sangat besar sekali.

Tak hanya itu, pada hari ini pun banyak sekali kebaikan-kebaikan yang menyertai. Bahkan ketika seseorang memohon kebaikan kepada Allah pada waktu itu, maka Allah akan senantiasa memberinya kebaikan dengan mudah. Hal tersebut pun sesuai dengan sudah diriwayatkan oleh Imam ‘Abdurrazzaq ash-Shan’ani rahimahullah dari Imam Sufyan ats-Tsauri, dari Mujahid, dari Mansur, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, “Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim bertepatan dengannya dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala melainkan Dia akan men-datangkan kebaikan itu kepadanya.

Dilimpahkan Karunia-Nya

Seperti yang diketahui, karunia dari Allah SWT sangatlah banyak. Allah senantiasa memberikan karunia-Nya pada setiap hamba yang ditentukannya. Salah satu keutamaan bersedakah di hari Jum’at pun rupanya bisa menambah segala karunia yang diberikan oleh Allah. Bahkan, tidak tanggung-tanggung bahwa karunia yang diberikan akan melimpah dan dilipatgandakan.

Hal ini sesuai dengan penggalan Alquran, tepatnya di surah Al Baqarah Ayat 261 di mana artinya, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Dari firman Allah tersebut, menjelaskan bahwasannya Allah akan melipatgandakan balasan atau ganjaran kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Terlebih bagi orang-orang yang mau menafkahkan atau mengeluarkan hartanya untuk kebaikan. Salah satunya dengan mengeluarkan hartanya untuk bersedakah. Tak tanggung-tanggung, jika dihitung secara keseluruhan, maka ganjaran kebaikannya bisa mencapai 700 kali lipat.

Sunnah Rosulullah SAW

Menjalankan sunnah Rosulullah tentunya akan membawa kebaikan dan memberikan pahala bagi siapa saja yang menjalankan. Begitu pun dengan melakukan sedekah yang tidak lain sudah disunnahkah. Apalagi jika dilakukannya pada hari Jum’at yang istimewa dan penuh kebaikan.

Hal ini tercantum dalam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib yang membahas mengenai hari Jumat. Di dalamnya disebutkan jika, “Disunnahkan memperbanyak  sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jumat. Juga disunnahkan memperbanyak shalat atas Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar.” Dengan begitu, ada kebaikan dan pahala sunnah ketika kita mau bersedakah di hari Jum’at dengan ikhlas dan semata-mata mengharapkan keridhaan serta kebaikan dari Allah SWT.

Dari beberapa keutamaan bersedakah yang dilakukan di hari Jum’at ini, tentu semakin membuktikan bahwasannya sedekah menjadi salah satu aktivitas terbaik. Tidak harus menunggu kaya untuk bersedekah, karena kita akan dibuat kaya dengan rajin bersedakah. Tidak perlu menunggu baik untuk bersedekah, karena dengan sedekahlah kita akan dibawa pada kebaikan yang berlipat dari Allah SWT. Jadi, sudahkah Anda bersedekah hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *