0813 - 9854 - 3100 masjidpedesaan@gmail.com

5 Keutamaan Puasa Daud Serta Manfaatnya

  • Home / Blog / 5 Keutamaan Puasa…
5 Keutamaan Puasa Daud Serta Manfaatnya

5 Keutamaan Puasa Daud Serta Manfaatnya

Banyak sekali perkara sunnah yang pada dasarnya bisa dilakukan oleh seluruh umat Islam. Seperti yang diketahui, amalan sunnah ini adalah sebuah amalan yang bisa mengantarkan seseorang untuk mendapatkan kebaikan serta pahala dari Allah. Meskipun tidak akan menimbulkan dosa jika tidak dilakukan, namun perkara sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilakukan agar tidak merugi.

Apa itu Puasa Daud?

Salah satu perkara sunnah yang bisa dilaksanakan oleh umat Islam adalah puasa Daud. Kebanyakan dari kita hanya akan melaksanakan puasa ketika memasuki bulan Ramadhan. Pasalnya, puasa tersebut adalah hal yang wajib dilaksanakan. Berbeda dengan puasa Ramadhan, puasa Daud adalah puasa sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Daud As semasa hidupnya dulu.

Dalam pengerjaannya, puasa Daud ini dilakukan secara berselang-seling. Maksudnya dilaksanakan selang satu hari. Atau, satu hari puasa, kemudian hari berikutnya tidak puasa. Banyak sekali riwayat seperti hadits yang menjelaskan bahwasannya puasa Daud ini punya banyak sekali keistimewaan. Bahkan , manfaatnya pun sangat luar biasa baik itu bagi kesehatan maupun untuk perkara jodoh.

Kapan Waktu Puasa Daud Dilaksanakan dan Bagaimana Melakukannya?

Setelah Anda mengetahui apa itu puasa Daud, lantas sebetulnya kapan puasa Daud itu harus dilakukan? Pada dasarnya, puasa sunnah ini bisa dilakukan kapan saja dan hari apa saja. Meskipun pada hari Jum’at atau Sabtu. Namun, terkhusus untuk waktu-waktu tertentu yang diharamkan untuk berpuasa, maka tidak boleh melaksanakan puasa Daud. Biasanya waktu-waktu ini seperti pada hari Idul Fitri (1 Syawal) atau pada 10 Dzulhijjah dan hari-hari Tasyrik.

Untuk melakukan puasa ini pun sangat mudah. Anda bisa melakukannya seperti berpuasa pada umumnya. Dilakukan dengan niat terlebih dahulu, di mana niatnya seperti berikut: “Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’ala.” Yang artinya: “Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta’ala” dilanjutkan dengan makan sahur. Namun, ketika puasa Daud, maka sahur ini pun sunnah dilakukan, jika tidak sempat melaksanakan, asal sudah niat, maka puasa Daud pun bisa dilanjutkan.

Pun waktu puasanya pun sama, dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Meskipun puasa Daud merupakan perkara sunnah, namun tetap saja harus menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Dan tentunya senantiasa melakukan hal-hal yang punya pahala dan amalan baik. Hal ini bisa menambah nilai keberkahan dari puasa Daud itu sendiri.

5 Keutamaan Puasa Daud

Setelah Anda mengetahui tentang puasa Daud ini, hingga bagaimana tatacaranya, pun lebih baik mengetahui juga bagaimana keutamaan yang dihadirkan oleh puasa Daud ini. Pada dasarnya, banyak sekali keutamaan yang akan diperoleh karena melaksanakan puasa Daud, apa sajakah itu?

Puasa yang Paling Disuka Allah

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali puasa sunnah yang bisa dilakukan selain puasa Daud ini. beberapa lainnya adalah seperti puasa Senin-Kamis yakni puasa yang dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis, puasa syawal, dan puasa lainnya. Namun, siapa sangka, rupanya Allah lebih menyukai puasa Daud ini. Hal tersebut sesuai dengan salah satu hadits berikut:

Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” (HR. Bukhari)”

Puasa Sunnah paling Afdhal

Tak hanya paling disukai di sisi Allah SWT, rupanya puasa sunnah Daud pun termasuk pada puasa sunnah paling afdhal. Seperti yang disebutkan oleh Syekh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab yang mengatakan, “Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Daud. Yakni satu hari puasa dan satu hari tidak. Di dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah yang paling afhdal.”

Dalam keterangannya tersebut, bahwa puasa Daud adalah puasa yang dianjurkan karena termasuk puasa sunnah paling afdhal. Ke-afdhalannya ini tentu bukan tanpa alasan, karena banyak sekali hikmah yang bisa didapatkan dari puasa ini. Bahkan bisa dibilang juga sebagai bentuk keistiqomahan umat Islam dalam menjalankan perkara sunnah.

Termasuk puasa yang Adil

Adil merupakan salah satu sifat yang disukai Allah. Bahkan, bersikap adil adalah hal yang sangat dianjurkan dan harus dilakukan untuk menghadapi masalah apapun. Rupanya dalam berpuasa sunnah pun kita harus tetap juga berlaku adil. Salah satu jenis puasa sunnah yang adil adalah puasa Daud ini. Hal ini diriwayatkan oleh salah satu hadits yang berbunyi, “Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu adalah puasa yang paling adil. Itu puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.” Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik dari itu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada yang lebih utama dari itu.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Dari hadits tersebut dapat kita pahami, bahwasannya meskipun kita bisa berpuasa setiap hari penuh, namun bagi Allah puasa sunnah yang paling utama adalah puasa Daud ini. pasalnya, puasa Daud adalah puasa yang adil. Adil disini karena umat yang melaksanakannya tidak melupakan hak badan mereka. Mereka tetap melakukan ibadah sunnah, namun juga tetap memenuhi kebutuhan badannya untuk mengistirahatkannya dnegan tidak berpuasa.

Puasa Sunnah yang Utama

Seperti yang sudah dijelaskan pada hadits sebelumnya, bahwa puasa Daud adalah puasa yang adil karena mampu menunaikan hak Allah dan hak badan. Selain itu, disebutkan juga bahwa tidak ada puasa sunnah yang lebih utama selain puasa sunnah Daud. Meskipun seseorang bisa melaksanakan puasa lebih darinya, tetap saja puasa Daudlah yang lebih utama.

Hal tersebut pun dijelaskan juga dalam hadits lain berikut: “Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasa, itulah puasa saudaraku Daud ‘alaihissalam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebagai Bentuk Ibadah yang Optimal

Selain beberapa keutamaan tersebut, melaksanakan puasa Daud pun merupakan bentuk dari ibadah sunnah yang optimal. Maksud dari optimal ini bukanlah melaksanakan segala sesuatu dengan sempurna atau full, namun optimal di sini maksudnya paling cukup dan tidak berlebihan. Allah tidak menyukai hamba-Nya yang selalu berlebih-lebihan atau dalam istilah lainnya bersifat ghuluw.

Pasalnya, sifat ini termasuk bagian dari sifat yang tercela dan melampaui batas. Begitu pun dengan masalah ibadah, tidak dianjurkan jika dilakuan secara terus menerus dan terlalu berlebihan karena bisa membuat diri lalai dari tanggungjawab dan kewajiban lainnya. Meskipun seseorang bisa melaksanakan puasa setiap hari, namun itu tidak dianjurkan karena terlalu berlebihan. Itulah mengapa, puasa Daudlah yang menjadi puasa sunnah paling utama dan paling dianjurkan sesuai petunjuk Rosulullah SAW.

Manfaat Puasa Daud

Setelah mengetahui beberapa keutaam dari berpuasa Daud, tentunya Anda pun harus mengetahui beberapa manfaat yang dihadirkan oleh puasa sunnah yang satu ini. pada dasarnya, melakukan puasa sunnah bisa bernilai pahala bagi ummat yang mengerjakannya. Sudah tentu, orang yang mengerjakannya tersebut dapat jaminan terbaik di sisi Allah. Bahkan, jaminan Surga pun bisa dengan mudah didapatkan atas kehendak dari Allah.

Selain berhubungan dengan masalah akhirat, rupanya di dunia saja puasa Daud ini bisa memberikan banyak manfaat. Apa sajakah itu?

Dimudahkan Segala Urusan

Melaksanakan puasa Daud bisa menjadi moment agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah. Seperti yang dilakukan nabi Daud semasa hidupnya. Di mana dia melaksanakan puasa untuk mengharapkan segala keridhaan dari Allah bagi seluruh kehidupannya. Ketika kita sudah mampu mendekatkan diri kepada Allah, kemudian Allah ridha, maka bukan tidak mungkin Allah akan mempermudah semua urusan kita.

Bahkan saat seseorang berpuasa Daud pun dipercaya, sebagai momen untuk berdoa dengan sebaik-baiknya karena doa tersebut dapat diijabah dengan mudah sesuai kehendak Allah. Apapun keinginan yang kita mau, maka atas izin-Nya bisa terlaksana. Seperti misalnya  masalah jodoh, banyak orang percaya bahwa puasa Daud bisa membantu mempermudah urusan jodoh seseorang. Tidak salah, karena memang jika kita berdoa bersungguh-sungguh, menjalankan semuanya dengan ikhlas, tentu Allah dengan sangat Murah Hati mengabulkannya.

Menjaga Diri dari Perbuatan Maksiat

Seperti yang diketahui, setan, jin, iblis dan segala golongannya hadir ke dunia untuk mengganggu manusia. Sehingga mereka bisa membawa sebanyak-banyaknya manusia untuk hidup dengan mereka di neraka jahannam. Hal itu yang menyebabkan, banyak manusia yang terperangkap dalam tipu daya setan sehingga menjadikan manusia tersebut terjerumus dalam dosa dan maksiat.

Salah satu manfaat dari puasa Daud adalah untuk menjaga kita dari perbuatan dosa dan perbuatan maksiat yang bisa merugikan. Ketika diri kita sedang berpuasa Daud, maka diri kita senantiasa terpatri untuk beribadah dan ingat Allah, maka saat setan membisikan manusia untuk melakukan maksiat, seolah-olah ada benteng yang menghalangi bisikan setan tersebut. Sehingga manusia pun tidak melakukan maksiat tersebut.

Menuntun Diri untuk Berakhlak Baik

Melakukan puasa Daud akan banyak sekali manfaat dan hikmah yang bisa kita dapat. Salah satunya masalah kesabaran. Ketika berpuasa, kita harus bersabar menunggu waktu sampai berbuka. Seperti yang kita tahu, sabar adalah salah satu akhlak baik. Begitu ketika ada amarah, maka bisa ditahan dengan baik saat melakukan ibadah sunnah ini. Apalagi jika seseorang tersebut sudah istiqamah dalam menjalankannya, niscaya semua akhlak baik akan dimiliki oleh orang tersebut.

Baik untuk Kesehatan

Bukan hanya masalah urusan hidup yang dipermudah, dan bisa menjadikan diri jadi lebih baik, rupanya puasaa Daud pun punya manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Bahkan, banyak para ahli yang sudah melakukan penelitian terhadap kesehatan seseorang yang rutin berpuasa. Beberapa manfaat puasa Daud khususnya untuk kesehatan adalah seperti berikut ini:

  • Merupakan salah satu cara sehat untuk menurunkan berat badan karena kadar insulin saat berpuasa jadi berkurang. Cocok dilakukan oleh orang obesitas atau bahkan yang memiliki penyakit kolesterol tinggi maupun diabetes.
  • Bisa memperbaiki fungsi sel yang rusak. Bahkan bisa melindungi tubuh karena kemampuan pertumbuhan gen jadi meningkat.
  • Puasa Daud pun bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga bisa terbebas dari risiko penyakit jantung.
  • Tak hanya itu, puasa Daud pun bisa meningkatkan kualitas pola hidup masyarakat yang lebih sehat. Seperti menyehatkan otak dan pikiran, membuat kualitas tidur jadi lebih baik, hingga menambah semangat hidup setiap orang yang melakukannya.

Tentunya banyak sekali keutamaan dan manfaat dari puasa Daud ini, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *